Ingat... Pendaftaran Siswa Baru Gratis, Sekolah Tidak Lakukan Pungutan Apa pun

Ingat... Pendaftaran Siswa Baru Gratis, Sekolah Tidak Lakukan Pungutan Apa pun

Ilustrasi.

Jum'at, 29 April 2016 14:12 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2016/2017 di Pekanbaru dijadwalkan akan dimulai pada akhir Juni 2016 mendatang.

Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, mewanti-wanti pihak sekolah tidak melakukan pungutan biaya pendaftaran dalam bentuk apa pun. Karena semuanya sudah ditanggung oleh pemerintah.

"Proses mendaftaran harus gratis. Jika ada pungutan, laporkan kepada kami. Di luar itu kami juga membentuk tim pemantau agar pelaksanaanya sesuai dengan standarisasi yang sudah kita tetapkan," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Kamis (28/4/2016).

Menurut Jamal, untuk jenjang pendidikan Taman Kanak-kanan (TK) dan Sekolah Dasar (SD), sistem pendaftaran dilakukan manual. Syarat utama diambil dari umur calon peserta didik. Jika tujuh tahun, wajib diterima.

"Prioritas yang diterima sebagai anak didik untuk SD dirangking dari umurnya. Sementara syarat lain, seperti akte, ijazah TK, itu tidak prioritas. Persoalan rayon juga tidak dipersyaratkan. Dimana saja boleh. Kemudian tidak ada juga tes membaca, karena membaca baru diajarkan saat SD," sebutnya.

Sementara untuk calon peserta didik tingkat SMP, SMA atau SMK, PPDB dilakukan secara online. Teknisnya, pendaftaran online dilakukan di sekolah terdekat, karena operator dan fasilitas pendaftaran sudah disiapkan di masing-masing sekolah.

"Pendaftaran bisa dilakukan di semua sekolah sesuai jenjang pendidikan yang dituju. Walaupun sekolah yang kita tuju, bukan di sekolah tempat kita mendaftar, tetap diakomudir. Misalnya yang kita tuju SMPN 4, tapi karena yang dekat dengan rumah kita SMPN 8, maka proses pendaftaran bisa dilakukan di SMPN 8, tanpa harus ke SMPN 4, dengan pertimbangan SMPN 8 lebih mudah dijangkau," bebernya. ***


editor : wawan s
sumber : tribunpekanbaru.com

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww