Perusahaan Milik Grup Bakrie di Kepulauan Meranti Dituding Tidak Pernah Cuci Sumur Minyak

Perusahaan Milik Grup Bakrie di Kepulauan Meranti Dituding Tidak Pernah Cuci Sumur Minyak

Ilustrasi.

Minggu, 17 April 2016 14:29 WIB
SELATPANJANG, POTRETNEWS.com - Sumur minyak yang dikelola oleh Energi Mega Persada Malacca Strait (EMPMS) SA tidak pernah dicuci lagi. Hal itu menandakan pihak perusahaan yang dulunya bernama PT Kondur itu tidak serius lagi beroperasi di Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. ”EMP mau bertahan sampai kapan di Kepulauan Meranti ini. Sumur saja tak pernah dicuci,” sebut Anggota DPRD setempat, Basiran SE MM, Jumat (15/4/2016).

Disebutkannya, jika dulu sumur-sumur yang ada di wilayah operasional perusahaan milik Bakrie tersebut selalu dicuci. Namun, kini memang tidak nampak dan dilakukan lagi.

Karena pencucian sumur tersebut walaupun tidak wajib dilakukan, namun tetap berpengaruh kepada hasil produksi. Sehingga hasil produksi bisa lebih baik.

“Dalam gambaran kita, kalau tidak mau mencuci sumur lagi, berarti tidak mau memanfaatkan sumur itu lagi. Atau memang perusahaan tidak akan memproduksi lagi,” sebutnya.

Untuk diketahui, pencucian dan pembersihan sumur dilakukan dengan maksud untuk dapat membersihkan dinding zona invasi akuifer serta kerikil pembalut dari partikel halus, agar seluruh bukaan pori atau celah akuifer dapat terbuka penuh sehinga ar tanah dapat mengalir kedalam lubang saringan (screen) dengan sempurna.

Manfaat dari tahap well development ini atau pencucian sumur minyak ini adalah menghilangkan atau mengurangi penyumbatan (clogging) akuifer pada dinding lobang bor.

Meningkatkan porositas dan permeabilitas akuifer di sekeliling sumur dalam dan menstabilkan formasi lapisan pasir disekeliling saringan, sehingga pemompaan bebas dari kandungan pasir.

GM EMPMSSA, Bagus C Kartika mengakui memang pencucian tidak dilakukan lagi dalam rangka menghemat anggaran. termasuk tidak melakukan eksplorasi dan eksploitasi terhadap lahan-lahan yang sudah dibebaskan. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
Riaupos.co

Kategori : Meranti, Umum
wwwwww