Home > Berita > Inhil

Keindahan Pasir Putih Pantai Bidari Enok di Inhil Belum Terekspos

Keindahan Pasir Putih Pantai Bidari Enok di Inhil Belum Terekspos

Pantai Bidari. (foto: kualaterapung.blogspot.com)

Selasa, 05 April 2016 11:33 WIB
Yusuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com – Kabupaten Indragiri Hili (Inhil), Riau, kaya akan objek wisata alam. Selain memiliki Pantai Solop yang terletak di Pulau Cawan, Kecamatan Mandah, Inhil juga memiliki pantai yang diberi nama Pantai Bidari terletak di perairan Kuala Enok, Desa Tanjungpasir, Kecamatan Tanah Merah. Pantai Bidari memiliki panjang lebih kurang 500 meter yang memiliki hamparan pasir putih membentang dari timur ke barat, persis berada disisi kiri muara perairan Kuala Enok. Sama halnya seperti Pantai Solop, material Pantai Bidari merupakan pantai pasir putih yang berasal dari fosil-fosil hewan laut seperti siput, kerang dan sejenisnya. Pasir jenis ini dikenal dengan nama pasir sersah.

Meski punya nilai artistik tinggi, Pantai Bidari belum begitu dikenal masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir. Hal itu diakui oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah, Sarpan Firmansyah.

Untuk itu pihaknya saat ini berusaha keras untuk mencoba mempromosikan Pantai Bidari ke masyarakat dan para wisatawan.

"Untuk itu, kita pinta kepada Pemkab Inhil khusunya Dinas terkait agar bisa membantu mempromosikan pantai ini, sebab pantai ini belum banyak masyarakat tahu," ujar Sarpan.

Bagi masyarakat atau wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Bidari kita harus menggunakan alat transportasi laut (speedboat atau pompong) dari Kuala Enok dengan lama perjalanan lebih kurang setengah jam, atau lebih kurang satu setengah jam dari Kota Tembilahan.

Jika Anda ingin berkunjungan, disarankan ketika air dalam kadaan surut, karena Pantai Bidari hanya terlihat ketika air sedang surut, jika air pasang pantai tersebut akan tenggelam. ***

Kategori : Inhil, Umum
wwwwww