Home > Berita > Riau

Siapkan Masker! Tadi Pagi Dumai Mulai Berkabut Asap Tipis, Udara Pekanbaru Sedikit Kabur

Siapkan Masker! Tadi Pagi Dumai Mulai Berkabut Asap Tipis, Udara Pekanbaru Sedikit Kabur

ilustrasi

Jum'at, 01 April 2016 12:09 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Riau, Jumat (1/4/2016) pagi mencatat, ada 20 titik panas (hotspot) yang menyebar di empat provinsi di Sumatera.

Dirincikan, di Aceh terhitung ada tiga titik panas, Sumatera Utara dua titik panas, Kepulauan Riau sembilan titik panas, dan Provinsi Riau enam titik panas. Jumlah ini cukup mengalami penurunan dibanding Kamis kemarin.

Khusus di Riau, enam titik panas itu berada di Bengkalis, Pelalawan dan Siak dengan masing-masing satu titik panas, lalu di Kepulauan Meranti terdapat tiga titik panas.
Sedangkan untuk titik panas yang berada di atas confidence 70 persen, terhitung ada tiga titik.

"Dua di Kepulauan Meranti dan satu titik lagi di Bengkalis," ungkap Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin, melalui pesan singkatnya, Jumat pagi.

Meski tidak sebanyak kemarin, namun Kota Dumai sudah mulai terpapar kabut asap, imbas dari kebakaran lahan dan hutan. "Kita pantau status Dumai pagi ini berasap, dengan jarak pandang sekitar enam kilometer," benar Sugarin.

Sementara di beberapa kota lainya seperti Pekanbaru, Rengat dan Pelalawan, statusnya adalah udara kabur, dengan jarak pandang berkisar empat hingga tujuh kilometer.

Mulai Tak Sehat

Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di Kota Dumai, tadi pagi sekitar pukul 07.15 WIB, mencapai level 141 PsiHal itu diungkap Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Dumai berdasarkan laporan ISPU dari PT Chevron Pasifik Indonesia (CPI) distrik Dumai.

"Udara di Kota Dumai tak sehat, meskipun cuaca cerah tadi pagi," ujar Kepala KLH Kota Sumai, Bambang melalui Kasi Lingkungan Hidup, Pahlawani.

Sementara itu di tempat terpisah Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD-Damkar Kota Dumai, Rasyid Ridha juga mengatakan, bahwa udara di Dumai pagi tadi sempat kabut tipis.

"Menjelang siang langit Dumai, kembali cerah. Hingga saat ini pun, tim gabungan masih melakukan pemadaman dan pendinginan dibeberapa lokasi lahan terbakar," ulas Rasyid.***

(wawan setiawan)
Sumber:GoRiau.com
wwwwww