Libur Paskah, Harga Tiket Pekanbaru-Jakarta Tembus Rp3,3 Juta

Libur Paskah, Harga Tiket Pekanbaru-Jakarta Tembus Rp3,3 Juta

Ilustrasi/Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Jum'at, 25 Maret 2016 15:50 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sejumlah maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru membuka penjualan tiket dengan harga tinggi jelang libur panjang selama tiga hari atau Jumat (25/3), yakni hari libur peringatan wafat Isa Almasih hingga Paskah pada Ahad (27/3/2016). "Beberapa maskapai buka harga tinggi seperti Batam dan Medan di mulai hari ini, hingga tiga hari kedepan karena libur panjang pekan ini," kata staf karyawan Shirotol Jannah Tour and Travel Pekanbaru, Rika di Pekanbaru, Kamis (24/3/2016).

Dia mengatakan, banyak calon penumpang pesawat di Provinsi Riau terutama bagi yang bukan umat Kristiani, merencanakan liburan keluar kota seperti ke Batam, Provinsi Riau bersama anggota keluarga mereka.

Kondisi itu tentu saja sangat mempengaruhi permintaan terhadap harga tiket operator maskapai, meski saat ini adalah low season atau musim sepi penumpang pesawat udara.

Seperti maskapai Citilink rute Pekanbaru-Batam hari ini penuh dipesan penumpang untuk dua kali frekuensi terbang, lalu rute Pekanbaru-Surabaya jam 14.45 Wib penuh, Pekanbaru-Jakarta jam 13.05 Wib diharga Rp1.536.200 per orang dan jam 20.10 Wib diharga Rp1.154.500 per orang, sedangkan rute Pekanbaru-Medan penuh.

Maskapai Lion Air untuk penerbangan 25 Maret rute Pekanbaru-Jakarta pada pukul 12.05/13.35/17.00/18.25 Wib diharga Rp423.000 per orang, sedangkan tujuan Pekanbaru-Batam penuh, rute Pekanbaru-Medan di jam 14.25 Wib diharga Rp1.031.200 per orang dan pukul 18.25 Wib diharga Rp963.000 per orang.

Untuk operator Batik Air tujuan Pekanbaru-Jakarta hari ini diharga Rp1.106.000 per orang, sedangkan rute Pekanbaru-Halimperdana Kusuma pukul 16.00 Wib diharga Rp3.306.000 untuk kelas bisnis, karena kelas ekonomi telah habis.

"Tidak hanya beberapa rute domestik saja yang penuh, tetapi rute internasional seperti Pekanbaru-Kuala Lumpur dilayani AirAsia juga penuh untuk besok. Lazimnya semakin dekati waktu berangkat, maka harga tiket akan sangat mahal," kata Rika.

Ketua Komite Operator Maskapai (AOC) Pekanbaru, Wahyu Wijanarko mengatakan, kecendrungan penumpang pesawat di Provinsi Riau sering merencakan liburan pada saat libur panjang karena terdapat hari terjepit nasional seperti pekan ini hari Jumat.

"Akibatnya rute-rute seperti Batam dan Medan selalu diserbu penumpang, walau harganya dibuka tinggi. Dan maskapai pun manfaat momen ini untuk menutupi low season, sedangkan Pekanbaru-Jakarta tidak berpengaruh karena banyak operator melayaninya," kata dia.

Data Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru setiap hari melayani 70 sampai 78 kali penerbangan baik rute domestik atau internasional dengan jumlah penumpang pada waktu normal 8.000 sampai 10.000 orang.

Terdapat sembilan maskapai penerbangan komersial rute domestik dengan tujuan 13 kota di Sumatera dan Jawa seperti Batam, Tanjung Pinang, Dabo Singkep, Tembilahan, Tanjung Balai Karimun, Medan, Jambi, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Ada empat maskapai rute internasional seperti AirAsia rute Pekanbaru-Kuala Lumpur, lalu Malindo Air rute Pekanbaru-Malaka dan rute Pekanbaru-Singapura dilayani dua maskapai yakni Silk Air dan Jetstar Asia. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Pekanbaru, Umum
Sumber:Antara
wwwwww