Home > Berita > Riau

Suhu 34 Derajat Celcius, Ini Penyebab Mengapa Kota-kota di Riau Terasa Lebih Panas

Suhu 34 Derajat Celcius, Ini Penyebab Mengapa Kota-kota di Riau Terasa Lebih Panas

Ilustrasi/Remaja berjalan menggunakan payung.

Rabu, 23 Maret 2016 15:22 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Rabu (23/3/2016) siang mencatat, suhu rata-rata Provinsi Riau berada di angka 34 derajat celcius. Ini dikatakan masih normal. Lalu kenapa terasa begitu menyengat? Kepala BMKG stasiun Pekanbaru Sugarin menjelaskan, 34 derajat celcius ini terbilang suhu normal untuk Provinsi Riau. "Sebenarnya ini masih normal. Ditambah saat ini masih dalam siklus kemarau kering," kata dia.

Hanya saja, udara terasa menyengat diakibatkan posisi matahari yang berada persis di garis ekuator. Ini masih akan terjadi selama beberapa hari ke depan. Penyebab lainnya, karena minimnya awan di atas Riau. "Awan minim, jadi tidak ada penghalang (mengurangi) paparan Matahari," ucapnya.

Ini diperparah dengan minimnya angin yang bertiup serta kecenderungan hujan yang turun hanya saat malam hari. "Kalau hujan potensinya cenderung malam hari. Angin juga sepoi-sepoi," tutur Sugarin.

Faktor lainnya, masih ada beberapa kawasan yang terjadi kebakaran lahan dan hutan (Karlahut). "Siang ini kita deteksi ada satu titik api di Rangsang. Bisa jadi ini dipicu oleh kemarau kering," ujarnya. ***

(Farid Mansyur)
Kategori : Riau, Umum, Lingkungan
Sumber:GoRiau.com
wwwwww