PotretNews.com Selasa 31 Maret 2020
Home >  Berita >  Riau
Kemenpar RI-Disparekraf Riau Gelar Pelatihan Dasar SDM Pariwisata

Masyarakat Tempatan Diharapkan Jadi Pilar Pengembangan Pariwisata Riau

Masyarakat Tempatan Diharapkan Jadi Pilar Pengembangan Pariwisata Riau

Narasumber dan Panita Penyelenggara Pelatihan Dasar Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan Kemenpar RI-Disparekraf Riau , di Pekanbaru, Rabu (23/3/2016).

Rabu, 23 Maret 2016 19:10 WIB
Mukhlis
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kementerian Pariwisata Rebuplik Indonesia (Kemenpar RI) bekerja sama dengan Dinas Pariwista Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Riau menggelar kegiatan Pelatihan Dasar Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand Central Pekanbaru bertujuan agar masyarakat luas memahami soal pengembangan destinasi pariwisata. Oleh karena itu, penyelenggara mengundang sebanyak 200 orang terdiri dari lapisan masyarakat, utamanya para pemerhati pariwisata.

Menurut Asisten Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Pariwisata Rebuplik Indonesia melalui Kasubbid Pelatihan SDM Masyarakat Kepariwisataan, Flora Sintanauli, kegiatan ini sangat penting dilakukan dan kemudian dikembangkan secara umum di tengah kehidupan masyarakat.

"Kami menggelar kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang mutu SDM yang berkualitas dalam pengembangan pariwisata," ucapnya saat berbincang-bincang khusus dengan potretnews.com, Rabu (23/3/2016), usai pembukaan.

Dia berpendapat, pencerahan seperti ini sangat dibutuhkan bagi masyarakat yang berdomisili di kawasan sekitar destinasi baik yang sudah maupun belum berkembang.

Oleh karena itu, kata dia, materi pelatihan tersebut berisi tentang kiat dan tata cara memberi pelayanan prima kepada wisatawan, Sapta Pesona dengan berbagai keamanan dan kenyamanan dalam berwisatawan dan memperkenalkan produk yang bermutu sesuai dengan khas daerah itu sendiri.

Dia berharap kegiatan ini bukan hanya sekadar seremonial belaka saja, tapi bakal menjadi kenyataan. Dicontohkan, seorang tamu yang berkunjung ke suatu destinasi tentu berharap kepuasan, keamanan, kebersihan kenyaman dan menginginkan produk bermutu yang khas.

Pelatihan SDM Kepariwisataan dibuka langsung oleh Kadisparekraf diwakili Kepala Bidang Bina Pariwisata Riau Yulisma. Dalam pidatonya, Yulisma meyakini peserta yang dilatih akan menjadi pilar dalam pengembangan pariwisata yang lebih baik lagi.

"Kami sebagai fasilitator sangat berterima kasih dengan diadakannya kegiatan ini, mudah-mudahan hasil nantinya akan menjadi pemahaman kepada masyarakat betapa pentingnya pariwisata kalau dibangun secara bersama-sama," ujar dia. (rls)*v

       
        Loading...    
           
Kategori : Riau, Umum, Interbis
Loading...
www www