50 Hektar Kebun Sagu Milik Warga Kepulauan Meranti Terbakar

50 Hektar Kebun Sagu Milik Warga Kepulauan Meranti Terbakar

Ilustrasi.

Rabu, 16 Maret 2016 14:15 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Saat ini daerah terparah kebakaran hutan dan lahan di Riau ada di Kabupaten Kepulauan Meranti. Tercatat sedikitnya 310 hektar sudah hangus. Selain hutan dan lahan, kebakaran di Kepulauan Meranti yang merupakan daerah pesisir Riau ini juga melalap sedikitnya 50 hektar kebun sagu milik warga.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Mitra Adhimukti menjelaskan, daerah di Meranti yang terbakar itu terjadi dibeberapa titik. Di antaranya di Kecamatan Pulau Merbau, luas daerah yang terbakar 220 hektar. Kemudian di Kecamatan Rangsang ada 90 hektar yang dilalap api.

"Kebakaran di Kepulauan Meranti disebabkan karena kondisi lahan yang kering sehingga mudah terbakar," ujarnya, Rabu (16/3/2016).

Saat ini upaya pemadaman terus dilakukan. Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kepulauan Meranti Mahmud Murod menjelaskan, kebakaran di wilayahnya disebabkan pembukaan lahan yang masih tradisional.

"Pembukaan lahan dengan cara membakar ini masih terus dilakukan warga. Selain dipercaya bisa menyeburkan tanah, alasanya warga juga karena dananya murah. Padahal cara ini sangat merugikan kepentingan umum. Apalagi kebakaran sampai bisa merembet kemana-mana," ucapnya. ***

(Akham Sophian)
Sumber:Okezone.com
wwwwww