Home > Berita > Riau

Dalam Hitungan Jam hingga Sore Tadi, Titik Panas di Riau Melonjak Tajam, 27 Hotspot Terdeteksi Satelit

Dalam Hitungan Jam hingga Sore Tadi, Titik Panas di Riau Melonjak Tajam, 27 Hotspot Terdeteksi Satelit

Lahan dan hutan yang terbakar menyebabkan banyaknya hotspot yang terdeteksi oleh satelit. (foto: goriau.com)

Sabtu, 27 Februari 2016 18:45 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Angka titik panas atau hotspot di wilayah Sumatera kian meningkat hingga Sabtu (27/2/2016) sore. Hanya dalam hitungan jam saja dibanding pagi tadi, hotspot sore ini sudah menembus 58 titik yang tersebar di lima provinsi.
Data dari Badan meteorologi, Klimatologi dan Gefosika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Sabtu sore merincikan, sedikitnya terdapat 58 titik panas yang terdeteksi Satelit Terra dan Aqua, di antaranya Sumut 10, Aceh enam, Sumbar lima dan Kepri satu. Paling banyak berada di Riau yakni 27 titik panas.

Khusus di Riau, 27 titik panas atau hotspot tersebut berada di Inhil satu hotspot, Siak tiga hotspot, Pelalawan lima hotspot dan terbanyak di Bengkalis 18 hotspot. Sementara pada pantauan pagi tadi, hanya 14 titik panas saja.

"Untuk titik api (firespot) dengan level kepercayaan (confidence di atas 70 persen), kita hitung ada sekitar 24 titik api di Riau, diantaranya di Siak tiga, Pelalawan empat dan Bengkalis 17 titik," sebut Kepala BMKG stasiun Pekanbaru, Sugarin.

Dikhawatirkan bila jumlah titik panas dan titik api meningkat, dampaknya bisa saja menimbulkan asap, seperti tahun lalu, di mana sebagian wilayah Indonesia dilanda bencana asap akibat kemarau dan pembakaran lahan dan hutan.

"Pada umumnya cuaca di wilayah Riau masih akan cerah hingga berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan tidak merata dan bersifat lokal terjadi di wilayah Riau bagian utara, barat, dan selatan pada siang atau sore hari," ujar Sugarin. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Riau, Lingkungan
Sumber:GoRiau.com
wwwwww