Home > Berita > Riau

Meski Hanya Kena Bayangan, Warga Pekanbaru Tetap Antusias Tunggu Gerhana Matahari

Meski Hanya Kena Bayangan, Warga Pekanbaru Tetap Antusias Tunggu Gerhana Matahari

Ilustrasi.

Selasa, 08 Maret 2016 13:23 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Meski Provinsi Riau tidak secara penuh akan dilintasi gerhana matahari total (GMT) atau hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian (GMS), namun tidak mengurangi antusias warga untuk menunggu dan menyaksikan fenomena alam tersebut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru memang sudah melansir bahwa wilayah Provinsi Riau tidak sepenuhnya bisa menyaksikan gerhana matahari total.

Kawasan Riau pada tanggal 9 Maret 2016 besok hanya akan menikmati berbentuk bayang saja.

"Sayang juga sih tidak bisa melihat gerhana matahari total. Tapi setidaknya bisa menyaksikan sebagian saja sudah cukuplah," ujar Arif, warga Jalan H Imam Munandar Pekanbaru, Selasa (8/3/2016).

Hal senada juga disampaikan Imam, warga Jalan Kaharudin Nasution. Imam bahkan berencana bangun lebih pagi hanya untuk menunggu detik-detik gerhana matahari.

"Bangun lebih cepat dan menunggu fenomena alam tersebut, " ujarnya.

Hasil keteramatan gerhana matahari sebagian untuk posisi Kota Pekanbaru yaitu berada pada bujur 1010 26’ BT dan lintang 00 33’LU, tercatat gerhana mulai pukul 06:22:14 WIB, puncak gerhana 07.21.49 dan akhir gerhana pukul 08.29.23 WIB.***

(Wawan Setiawan)
Kategori : Riau, Pekanbaru, Umum
Sumber:Tribunpekanbaru.com
wwwwww