Home > Berita > Riau

Meski Hanya Kena Bayangan Gerhana, Besok Pagi Riau Diprediksi Bakal Gelap secara Merata

Meski Hanya Kena Bayangan Gerhana, Besok Pagi Riau Diprediksi Bakal Gelap secara Merata

Ilustrasi.

Selasa, 08 Maret 2016 20:38 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kejadian langka gerhana matahari total diprediksi bakal dialami 11 provinsi di Indonesia, Rabu (9/3/2016) besok pagi. Meski tak termasuk lintasan gerhana, namun Riau pun akan mengalami kegelapan, lantaran terimbas bayangan peristiwa yang hanya terjadi sekali dalam 350 tahun ini.

"Ini (suasana gelap, red) merata di hampir seluruh wilayah Riau," ungkap Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Slamet Riyadi.

Slamet mengatakan, situasi tersebut akan membuat suasana pagi Provinsi Riau bakal lumayan gelap dari biasanya. "Kalau tutupan mataharinya sekitar 85-90 persen. Cukup gelap karena tertutup banyak," katanya, Selasa (8/3/2016) sore.

BMKG juga memperkirakan bahwa besok sebagian wilayah Riau akan berawan. Situasi ini, tentunya sedikit menyulitkan masyarakat yang hendak menyaksikan paparan gerhana matahari tersebut. "Kemungkinan berawan," pungkas Slamet Riyadi.

Menurut BMKG, ada 11 provinsi yang dilintasi gerhana matahari, diantaranya Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka-Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Setiap wilayah tersebut akan terpapar gerhana matahari dengan kejadian waktu yang berbeda-beda. Di Indonesia barat seperti Palembang, gerhana mulai pukul 06.20 WIB. Wilayah Tanjung Pandan gerhana mulai pukul 06.21 WIB, sedangkan di Palangkaraya mulai pukul 06.23

Wilayah Bengkulu (Muko-Muko), gerhana akan mencapai puncaknya pukul 07.19 WIB. Untuk wilayah Tengah yaitu Palu, gerhana terjadi pukul 07.27 WITA. Hal ini berbeda dengan bagian Indonesia Timur seperti Ternate, yakni mulai pukul 08.36 WIT. ***

(Wawan Setiawan)
Kategori : Riau, Umum
Sumber:GoRiau.com
wwwwww