Home > Berita > Rohil

Genjot Realisasi PAD, Bakhtiar Sarankan Pemkab Rohil Lakukan Hal Ini

Minggu, 21 Februari 2016 19:57 WIB
Advertorial
genjot-realisasi-pad-bakhtiar-sarankan-pemkab-rohil-lakukan-hal-iniAnggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir, H Bakhtiar SH.
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, H Bakhtiar SH meminta pemerintah daerah untuk bisa meningkatkan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak bumi dan bangunan (PBB). Terkesan, sektor tersebut kurang optimal digarap selama ini sehingga pemasukan yang ada masih rendah. "Jadi untuk peningkatan PAD dari PBB harus ditingkatkan lagi, hal ini diperlukan dukungan semua pihak untuk bisa menyebarluaskan pentingnya retribusi PBB bagi pembangunan di daerah," kata Bakhtiar, Jumat (19/2/2016) di Bagansiapiapi.

Upaya yang menyeluruh mesti melibatkan unsur perangkat pemerintahan mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan sampai pada tingkat kepenghuluan atau desa. Menurutnya unsur yang tak kalah penting untuk dapat membantu agar masyarakat tergugah secara sadar membayarkan PBB adalah perangkat di kepenghuluan karena setiap aparatur kepenghuluan bersinggungan langsung dengan masyarakat di lapangan.

"Tidak ada salahnya jika ada pertemuan, kegiatan pemerintahan maupun kegiatan non formil kepada masyarakatnya diingatkan untuk membayar PBB sehingga tidak dianggap menjadi beban apalagi jumlah besaran biaya PBB yang bebankan hanya beberapa ribu saja setiap tahunnya," ujar Bakhtiar.

Dia berpendapat, jika masyarakat telah memiliki kesadaran yang baik dirinya optimistis akan mampu mendongkrak peningkatan pendapatan bagi daerah sehingga bisa mengurangi sedikit demi sedikit ketergantungan pendapatan daerah dari dana perimbangan DBH.

"Kita harus mampu meniru seperti di Bogor, di sana masyarakatnya memiliki kesadaran yang sangat baik untuk secara langsung membayar PBB. Bahkan wajib PBB tersebut antrian di loket-loket yang disediakan pemerintahnya, kesadaran seperti ini yang harus bisa kita contoh dan diterapkan di Rohil," ujar Bakhtiar. (adv/dewan/raja-jaka)

wwwwww