Home > Berita > Riau

Menhan Ryamizard Janji Lengkapi Alutsista di Lanud Roesmin Nurjadin

Menhan Ryamizard Janji Lengkapi Alutsista di Lanud Roesmin Nurjadin

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menjawab pertanyawaan wartawan di Pekanbaru.

Sabtu, 20 Februari 2016 06:38 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu berjanji akan terus melengkapi alat utama sistem persenjataan (alutsista) di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau. Salah satunya, penambahan pesawat tempur F16. "Alutsista di sini (Lanud RSN) nanti dilengkapi secara bertahap, bertingkat dan berlanjut," katanya di Pekanbaru, Jumat (19/2/2016).

Ia mengatakan secara keseluruhan Kementerian Pertahanan telah mengembangkan penambahan sistem pertahanan. Ini dilakukan di kawasan pesisir yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

"Sudah dikembangkan, di Natuna sudah dibangun satu fligt pesawat tempur, tiga fregat (kapal perang), kemudian ada marinir, Phaskas, dan perlengkapan lain yang sedang berjalan. Dan di sini (Lanud RSN) juga akan kita lengkapi lagi," ujarnya.

Sementara itu, Komandan Lanud RSN Marsma TNI Henri Alfiandi menargetkan bahwa seluruh Skadron akan dilengkapi hingga 2017 mendatang.

Selain menargetkan kelengkapan Alutsista, ia juga turut menyoroti terkait perpanjangan "run way" atau landasan pacu. "Kita akan perpanjang 'run way' sehingga F16 dapat langsung ke Natuna," ujarnya.

Menurutnya, landasan pacu yang ada saat ini belum ideal sehingga daya angkut bom sedikit. "Kalau 'run way' nya panjang, maka F16 dapat mengangkut bom yang seharusnya," jelasnya.

Untuk diketahui, saat ini Lanud Roesmin Nurjadin (RSN) Pekanbaru memiliki dua Skadron masing-masing mengoperasikan pesawat Hawk dan F16. ***

(M Yamin Indra)
Sumber:Inilah.com
wwwwww