Home > Berita > Umum

Pertama dan Satu-satunya di Pekanbaru, Nurbaiti ”Pede” Undang Wali Kota Firdaus Resmikan Perpustakaan Online SMPN 20

Pertama dan Satu-satunya di Pekanbaru, Nurbaiti ”Pede” Undang Wali Kota Firdaus Resmikan Perpustakaan Online SMPN 20

Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT (kemeja biru) bersama Anggota DPRD Pekanbaru meninjau Perpustakaan Online SMPN 20, Kamis (18/2/2016). (foto: humas pemko pekanbaru)

Jum'at, 19 Februari 2016 04:28 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengapresiasi pencanangan perpustakaan online oleh SMPN 20, karena ini salah satu cara menyukseskan Gerakan ”Ayo Membaca” di kalangan pelajar. "Indonesia masih jauh tertinggal dalam minat baca. Dengan gerakan ini bagaimana kita bisa mengejar minat baca, harus ada inovasi dengan akselerasi seperti yang dibuat SMPN 20," kata Firdaus dalam sambutannya pada peresmian Perpustakaan Online SMPN 20 Pekanbaru, Riau, Kamis (18/2/2016).

Firdaus meminta gerakan ini jadi contoh dan ditiru oleh sekolah lainnya. ”Perlu kemauan yang keras untuk itu, seperti yang sudah dilakukan SMPN 20," ucapnya. Kepala Sekolah SMPN 20, Nurbaiti, menjelaskan, alas pikir membangun perpustakaan online di sekolah yang dipimpinnya sebagai bentuk dukungan konkret menyukseskan Gerakan Nasional "Ayo Membaca" bagi kalangan pelajar, SMPN 20 Pekanbaru, Provinsi Riau, mencanangkan pustaka "online" atau dalam jaringan (daring).

”Karena ini yang pertama dan satu-satunya di Pekanbaru, kami ’pede’ (percaya diri, red) minta bapak wali kota meresmikannya,” tuturnya. Dia menyebut, pihak sekolah, para guru, dan orang tua bekerja sama bahu-membahu untuk membangkitkan minat baca di masyarakat. "Dukungan pendanaan banyak dibantu para orang tua murid yang memiliki kemampuan lebih," beber Nurbaiti.

Menurut dia, dukungan program ”Ayo Membaca” tidak dititik beratkan pada jumlah buku terkumpul atau dimilliki sekolah, namun pada peningkatan minat baca anak didik.

"Makanya kami selalu berupaya berinovasi dengan dukungan dana para orangtua menciptakan lingkungan membaca yang menarik minat," urainya. Dengan pustaka online ini SMPN 20 menyediakan sarana dan fasilitas ruangan pustaka yang khusus menggunakan ilmu teknologi jaringan internet. Peserta didik bisa mengakses literasi buku bacaan yang ada di dunia maya, untuk memperkaya wawasan membacanya.

"Kami sediakan pondok digital dengan fasilitas buku, komputer lengkap jaringan, sehingga anak didik bisa membaca buku lewat komputer," ujarnya. Selain itu program baca lainnya dengan dibuatnya taman keluarga dan , pustaka alam. Di sini sekolah menyediakan kursi untuk menjadi tempat membaca bagi anak didik sambil istirahat bermain atau menanti jemputan pulang sekolah. ***

(Mukhlis)
Kategori : Umum
wwwwww