Mengintip Program ”Peta Mimpi” SMP Juara Pekanbaru; Membimbing Siswa Bikin Rencana dan Melihat Hasilnya 10 Tahun Mendatang

Mengintip Program ”Peta Mimpi” SMP Juara Pekanbaru; Membimbing Siswa Bikin Rencana dan Melihat Hasilnya 10 Tahun Mendatang

Kegiatan Bimbingan Mimpi & Potensi terhadap siswa yang dilaksanakan SMP Juara Pekanbaru. (foto: istimewa)

Jum'at, 05 Februari 2016 09:20 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – SMP Juara Pekanbaru kembali melakukan bimbingan konseling dengan layanan konten membuat target 10 tahun ke depan. Pembuatan target ini merupakan bagian dari penerapan core value juara yaitu religius, cerdas, dan sosial emosional. Tahun 2016, merupakan tahap awal dari sekolah melakukan perbaikan-perbaikan, salah satu yang menjadi acuan standarisasi SMP Juara Pekanbaru adalah core value. Di dalam core value, terdapat nilai-nilai apa saja yang harus ada bagi setiap siswa.

Kegiatan bimbingan dilaksanakan langsung oleh LSU (learning support unit) di kelas. Kegiatan diikuti oleh siswa kelas 7 dan 8. Anak-anak diminta membawa peralatan seperti gunting, karton, spidol dan lain-lain.

Untuk memudahkan mereka memvisualisasikan mimpinya. Setiap anak memiliki cara tersendiri dalam menginterpretasi mimpi dan potensi yang dia miliki. Ada yang membuat mimpinya dengan penuh detail.

Siswa menyambut kegiatan bimbingan ini dengan penuh semangat, karena mereka bias untuk mengekspresikan mimpi dan potensi yang dimilikinya. Melni, salah satu siswa kelas Alexandria, mengaku senang banget membuat peta mimpi ini. Dia berharap bisa meraih yang direncanakan sekarang, 10 tahun yang akan datang.

Nurhasanah sebagai LSU menyampaikan, bahwa segala sesuatunya membutuhkan proses. ”Siswa sudah memulai proses itu dari saat ini, mereka harus tahu apa yang ingin mereka capai 10 tahun lagi, agar mereka bisa menjadi juara di masanya,” katanya Inur.

Pembuatan target ini merupakan salah satu pola penerapan core value. Dengan core value ini bisa menjadi sarana siswa menjadi siswa yang soleh dan juara. (rls)

(M Yamin Indra)
Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww