Home > Berita > Umum

Michiko Berbagi Kisah sebagai Duta Lingkungan Pekanbaru dan Cerita ”Bank Duko Suko Lupo”

Michiko Berbagi Kisah sebagai Duta Lingkungan Pekanbaru dan Cerita ”Bank Duko Suko Lupo”

Kak Michi berbagi kisah di SMP Juara Pekanbaru.

Sabtu, 27 Februari 2016 13:38 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - SMP Juara Pekanbaru, Provinsi Riau, Kamis (25/2/2016) lalu, kedatangan tamu yang spesial. Dia adalah Michiko, Duta Lingkungan Pekanbaru Tahun 2015. Kegiatan diawali dengan perkenalan dari remaja yang akrab disapa Kak Michi. Pada kesempatan itu, Kak Michi menceritakan pengalamannya setelah menjadi pemenang Duta Lingkungan Pekanbaru, salah satunya diajak ke Surabaya. Kak Michi menceritakan tentang kebersihan Kota Surabaya karena masyarakatnya bersama-sama menjaga lingkungan. Sehingga kota tersebut selalu mendapatkan Adipura Kencana.

Selanjutnya kak michi yang ditemani oleh teman bonekanya yang diberi nama Risky, bercerita tentang lingkungan dengan tema ”Bank Duko Suko Lupo”. Cerita diawali dengan seorang ”Bank Duko” yang menyampaikan tentang jenis-jenis sampah, ada sampah organik, sampah anorganik, dan B3 (bahan beracun berbahaya).

Menurut Kak Michi, di Surabaya pengolahan sampah dilakukan diolah sesuai dengan jenis sampahnya, bisa dijadikan pupuk, didaur ulang. Kak Michi juga menceritakan tentang bank sampah. Bank sampah merupakan sarana untuk menampung sampah dan dimanfaatkan lagi untuk hal-hal yang bermanfaat. Selanjutnya Kak Michi menyampaikan lubang serapan biopori, yang sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia, dan sifatnya sangat tidak mengganggu sistem kehidupan manusia.

Cerita dilanjutkan ”Bank Duko” tentang pentingnya menanam pohon. Menanam pohon penting untuk membantu penyerapan karbondioksida (CO2). Semakin besar kota maka semakin besar jumlah volume pohon yang dibutuhkan. Selain kita menanam pohon, juga meminimalisir penggunaan kertas. Karena dengan meminimalisir kertas akan membantu proses penghijauan kota kita.

Di akhir sesinya, Kak Michi menyimpulkan tentang cerita Bank Duko Suko Lupo. Cerita Bank Duko Suko Lupo, ternyata singkatan dari, Bank : bank sampah, Du : daur ulang, Ko : kompos, Lupo : lubang resapan biopori. (rls)

(Mukhlis)
Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww