Home > Berita > Inhil

Cerita Masa Lampau dari Air Terjun Tembulon Ruso di Inhil… Tempat Bermain Rusa yang Susunan Batunya Menyerupai Tangga

Cerita Masa Lampau dari Air Terjun Tembulon Ruso di Inhil… Tempat Bermain Rusa yang Susunan Batunya Menyerupai Tangga

Para pengunjung sedang menikmati objek wisata air terjun Tembulon Ruso (foto: ist/waspada.co.id)

Senin, 11 Januari 2016 21:10 WIB
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau mengembangkan objek wisata Air Terjun Tembulon Ruso. Itu karena memiliki keunikan berupa susunan batu yang menyerupai tangga. “Susunan batu yang menyerupai tangga ini menjadi lantai dasar dari air terjun,” kata Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan, di Tembilahan.

Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 15 meter dari permukaan tanah dengan kemiringin sudut sebesar 45 derajat itu, katanya, cocok juga untuk kegiatan olahraga arung jeram.

”Debit air di kawasan air terjun ini cukup besar, karena itu lokasi ini juga cocok untuk wisatawan yang gemar bermain arung jeram karena aliran sungai yang menghubungkan air terjun juga berarus deras,” papar dia.

Ia mengatakan, air terjun ini diberi nama Tembulon Ruso karena dahulunya tempat ini sering dijadikan rusa-rusa sebagai tempat bermain. Masyarakat sekitar yang melihat kejadian itu selanjutnya menamakan lokasi air terjun tersebut air terjun Tembulon Ruso.

“Untuk menempuh lokasi air terjun ini kita bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua dan membutuhkan waktu sekitar dua jam dari Desa Batu Ampar,” terang dia.

Selain air terjun Tembulon Ruso, di Inhil juga terdapat air terjun 86 yang dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua dengan jarak tempuh lima jam dari Ibukota Kabupaten Inhil, Tembilahan.

“Selain air terjun, di Inhil juga terdapat pantai yang dikenal dengan Pantai Solop dan Bukit Berbunga yang merupakan lokasi kemping dengan panorama alam dan pedesaan yang memikat,” papar dia. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Inhil, Umum
Sumber:Waspada.co.id
wwwwww