Tanpa Musyawarah dengan Tokoh, Julukan Pekanbaru ”Kota Bertuah” Diubah Menjadi ”Kota Madani”... Komunitas Melayu ”Marah”

Tanpa Musyawarah dengan Tokoh, Julukan Pekanbaru ”Kota Bertuah” Diubah Menjadi ”Kota Madani”... Komunitas Melayu ”Marah”

Tulisan Pekanbaru Kota Madani di pertigaan jalan masuk ke Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Kamis, 31 Desember 2015 12:33 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Puluhan massa yang tergabung dalam Komunitas Melayu Bersatu (KMB) yang terdiri dari Asykar Melayu Riau dan Laskar Melayu Bersatu, melakukan aksi memasang spanduk protes kepada Wali Kota Pekanbaru di persimpangan Tugu Tepak Sirih Jalan Sudirman, Simpangtiga. KMB kesal karena menilai wali kota dianggap bertindak sendiri mengubah julukan Pekanbaru sebagai Kota Madani.

Koordinator Aksi Anas Aismana mengatakan, sebagai kota Melayu yang memiliki sejarah berdirinya, Pekanbaru sudah tepat diberi gelar Kota Bertuah. Karena makna Bertuah itu sendiri juga sangat dalam sebagai kota Bersih, Aman dan Harmonis.

"Kami sebagai masyarakat Melayu Kota Pekanbaru menolak julukan baru yang diberikan oleh Wali Kota Firdaus. Apa itu artinya madani, sama sekali tidak mencerminkan bahas yang tepat. Wali kota tidak sesuka hati saja untuk mengubah sejarah yang sudah dibangun," kata Anas Aismana di sela aksi, Kamis (31/12/2015).

Sikap KMB, menurutnya, dilakukan karena banyaknya protes warga yang disampaikan ke pihak mereka. "Kami risih banyak yang bertanya mengapa Kota Bertuah diubah menjadi Kota Madani. Wali kota seharusnya minta pendapat dulu ke tokoh masyarakat, kalau ingin mengubah. Jangan sesuka hati saja," tandas Anas.

Ketua Dewan Pengurusa Harian Lembaga Adat Melayu Riau ini menyebutkan, pihaknya memberikan waktu 10 hari ke depan kepada wali kota dan jajaran untuk menanggalkan gelar Kota Madani. Jika tidak juga ada tanggapan atas aksi ini, pihaknya akan mengambil langkah serius. "Jika perlu akan kami robohkan nama Pekanbaru Kota Madani yang dibuat di Simpangtiga ini," ancamnya. ***

(Mukhlis)
Kategori : Pekanbaru, Peristiwa
Sumber:GoRiau.com
wwwwww