Home > Berita > Umum

Ini Dia Lima Jalan Raya di Kota Pekanbaru Paling Banyak Merenggut Nyawa di Tahun 2015

Ini Dia Lima Jalan Raya di Kota Pekanbaru Paling Banyak Merenggut Nyawa di Tahun 2015

Korban tewas di fly over Jalan Sudirman Pekanbaru

Kamis, 31 Desember 2015 13:41 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Selama tahun 2015, Satuan Lalu Lintas Polresta Pekanbaru, Provinsi Riau mencatat ada 82 orang tewas akibat kecelakaan di jalan raya, dimana 19 orang di antaranya merupakan korban tabrak lari. 82 orang tewas dan 79 orang luka berat, dari total 227 angka kecelakaan yang terjadi di Kota Pekanbaru selama 2015. Dalam berbagai kasus itu, ada sejumlah ruas jalan yang mendominasi, dan masuk lima besar jalan raya paling rawan serta paling banyak memakan korban tewas.

Berikut rangkuman lima jalan raya di Pekanbaru yang paling banyak memakan korban tewas dalam kasus kecelakaan, dimana menurut data, kendaraan yang mendominasi kasus adalah sepeda motor.

1. Jalan Yos Sudarso. Selama tahun 2015, polisi mencatat ada 21 kasus kecelakaan terjadi disepanjang ruas jalan ini. Dari total 21 kasus itu, tercatat 10 nyawa melayang dengan total kerugian materi ditaksir Rp129.000.000.

2. Jalan Jenderal Sudirman. Jalan yang jadi jantung perekonomian Kota Bertuah ini menempati urutan kedua sebagai jalan yang paling banyak memakan korban. Tercatat 10 orang tewas dalam setahun, dari total 21 kasus kecelakaan.

3. Jalan HR Soebrantas . Urutan ketiga ditempati Jalan HR Soebrantas. Disini ada 11 kasus kecelakaan terjadi dan telah merenggut nyawa lima korban tewas dalam setahun, dengan total kerugian materi sebesar Rp22.300.000.

4. Jalan KH Nasution. Di posisi empat ditempati Jalan Kaharuddin Nasution. Selama 2015, tercatat ada sembilan kecelakaan terjadi, dimana menewaskan empat orang, dengan kerugian materi ditaksir mencapai Rp4.900.000.

5. Jalan Soekarno Hatta. Posisi lima diisi oleh Jalan Soekarno Hatta, Pekanbaru. Disini ada tiga orang tewas dari total 11 kasus kecelakaan selama 2015. Polisi menaksir kerugian materi sebesar Rp19.500.000.

Kasatlantas Polresta Pekanbaru, Kompol Zulanda, Kamis (31/12/2015) pagi mengatakan, jika dilihat dari data statistik, kasus kecelakaan di 2015 mengalami penurunan 27 persen bila dibanding tahun sebelumnya.

"Turunnya angka kecelakaan lalu lintas pada tahun 2015 ini tidak luput dari kerja keras jajaran dalam melakukan razia rutin serta melaksanakan edukasi, melalui program Road Show Police Education yang melibatkan masyarakat pengguna jalan," ujar Kompol Zulanda.

"Edukasi lalu lintas tersebut ditujukan kepada masyarakat yang melakukan pelanggaran lalu lintas. Selain itu kita juga memasang spanduk-spanduk himbauan di lokasi-lokasi yang rawan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas," sebutnya.

"Semoga tahun berikutnya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas bisa ditekan, dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat pengguna jalan untuk selalu tertib dan patuh dalam berlalu lintas," singkat Zulanda. ***

(wawan setiawan)
Kategori : Umum, Pekanbaru
Sumber:GoRiau.com
wwwwww