Home > Berita > Riau

Ada Indikasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Titik Api Kembali Muncul di Enam Wilayah Riau

Ada Indikasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Titik Api Kembali Muncul di Enam Wilayah Riau

Ilustrasi.

Jum'at, 25 Desember 2015 19:45 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru kembali mendeteksi ada titik api di kawasan Riau. Jumlahnya mencapai 10 titik panas. Titik api itu tersebar di enam kabupaten dan kota se-Provinsi Riau. Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin menyatakan titik panas itu tersebar di Bengkalis dengan empat titik panas, Rokan Hilir satu titik panas. Kemudian, di Meranti, Dumai, Pelalawan dan Siak masing-masing satu titik panas.

Dari 10 titik panas, Sugarin mengatakan bahwa satu titik merupakan titik api atau mengindikasikan adanya kebakaran lahan dan hutan dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen. "Titik api itu terpantau di Kabupaten Bengkalis," kata Sugarin, Jumat (25/12/2015).

Secara umum Provinsi Riau cerah berawan dengan potensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di Riau bagian barat, tengah, dan selatan. Melalui pencitraan Satelit Terra dan Aqua, kata Sugarin, terdapat 21 titik panas di Pulau Sumatera.

Selain 10 titik panas di Riau, dia juga mengatakan bahwa titik panas terdeteksi di Bengkulu satu titik, Jambi lima titik, Sumatera Barat satu titik, dan Sumatera Selatan empat titik.

Sebelumnya, BPBD Riau menetapkan status siaga darurat banjir dan longsor pada awal Desember hingga akhir tahun 2015. Saat ini, sejumlah kabupaten di Riau terendam banjir dan terjadi longsor, seperti di Kampar dan Rokan Hulu.

Meski begitu, Kepala BPBD Riau Edwar Sanger mengatakan bahwa Riau akan menghadapi kembali musim kering pada bulan Januari 2016.

"Kita terus berkoordinasi dengan BMKG setempat. Mereka telah memberikan peringatan bahwa Riau akan menghadapi kembali musim kemarau Januari mendatang," ujarnya. ***

(Akham Sophian)
Sumber:Antara
wwwwww