Home > Berita > Dumai

Zul AS-Eko Resmi Pemenang Pilkada Dumai, Peraih Suara Terbanyak Kedua Abdul Kasim secara Kesatria Hadir dan Nyatakan Dukung Paslon Terpilih

Zul AS-Eko Resmi Pemenang Pilkada Dumai, Peraih Suara Terbanyak Kedua Abdul Kasim secara Kesatria Hadir dan Nyatakan Dukung Paslon Terpilih

Peserta Pilkada Kota Dumai Nomor Urut 4, Abdul Kasim (tengah) diapit pasangan calon pemenang pilkada, Zulkifli AS (kiri) dan Eko Suharjo, masing-masing beserta istri. (foto: potretnews.com/ibnuchalik)

Rabu, 23 Desember 2015 10:08 WIB
Ibnu Chalik
DUMAI, POTRETNEWS.com - Pasangan Zulkifli AS-Eko Suharjo, ditetapkan sebagai pemenang pada Pilkada Kota Dumai Tahun 2015. Pasangan nomor urut 2 ini dinyatakan sebagai peraih suara terbanyak, dalam pemungutan suara yang digelar 9 Desember lalu. Penetapan tersebut dilakukan dalam Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai, yang dilakukan di Gedung Serbaguna Jalan HR Soebrantas, Dumai, Selasa (22/12/2015).

Selain Zul AS dan Eko Suharjo, rapat pleno kemarin hanya dihadiri Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 4, Abdul Kasim-Nuraini. Sedangkan tiga pasangan lain diwakili oleh tim sukses masing-masing pihak. Pleno kemarin juga dihadiri PPK se-Kota Dumai dan KPPS se-kelurahan.

Ikut hadir dalam kesempatan itu Kapolres Dumai AKBP Suwoyo, Dandim 0320 Letkol Afkar Mulya, Ketua PN Dumai, Kejari Dumai, pemuka agama dan masyarakat, perwakilan KPU Riau serta undangan lainnya.

Rapat pleno dipimpin langsung Ketua KPU Dumai Darwis SAg didampingi empat Komisioner KPU Dumai yakni Robi Asalam, Edi Indra, Siti Khadijah dan Kurnia Ningsih.

Pada kesempatan itu, Darwis langsung membacakan hasil Pilkada Dumai 2015, yang dimenangkan Pasangan Nomor 2 Zulkifli AS-Eko Suharjo. Pasangan ini berhasil meraih total 32.618 suara sah.

"KPU Kota Dumai menetapkan Pasangan Calon Nomor Dua Zulkifli AS-Eko Suharjo, total 32.618 suara sah sebagai pemenang Pilkada Dumai 2015," tegas Darwis yang disambut gemuruh tepuk tangan hadirin.

Setelah SK penetapan pemenang pilkada tersebut diteken, KPU Dumai akan memberikan salinannya kepada masing-masing pasangan calon yang maju di Pilkada Dumai 2015. Rapat yang berlangsung sekitar 1 jam tersebut berlangsung aman tanpa adanya kendala berarti.

"Alhamdulillah, kita berhasil menyelenggarakan Pilkada 2015 dengan sukses dan lancar. Penetapan pasangan pemenang, merupakan tahap terakhir pelaksanaan pilkada ini," ujar Darwis.

Dengan penetapan ini, Kota Dumai menjadi satu-satunya daerah yang menggelar Pilkada Serentak 2015, yang telah menetapkan pasangan pemenang pilkada. Sementara untuk KPU kabupaten di delapan daerah lainnya, sejauh ini belum ada yang melakukan hal serupa.

Hal itu disebabkan adanya gugatan dari peserta Pilkada di delapan daerah itu, ke Mahkamah Konstitusi (MK). Delapan daerah itu adalah Kabupaten Indragiri Hulu, Rokan Hulu, Pelalawan, Siak, Rokan Hilir, Kepulauan Meranti dan Kuantan Singingi.

Peserta Pilkada Dumai Abdul Kasim yang ditemui di sela-sela rapat pleno menyampaikan rasa syukur karena pilkada terselenggara dengan aman dan kondusif.

Secara kesatria, Kasim menyatakan dukungan terhadap program-program yang bakal digulirkan pasangan calon nomor urut 2 jika nantinya dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Dumai, karena mayoritas masyarakat memberikan harapan besar kepada keduanya.

Dia juga mengimbau masyarakat Kota Dumai untuk mendukung penuh duet Zul AS-Eko yang sudah ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih dan tinggal menunggu jadwal pelantikan.

Pada kesempatan yang sama, H Zulkifli AS MSi yang didampingi Eko Suharjo SE menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kemenangan kepada mereka. Tidak lupa dia mengucapkan terima kasih kepada tim, relawan dan masyarakat Kota Dumai yang telah menyukseskan pelaksanaan pilkada.

”Kami akan melanjutkan dan menjalankan program-program untuk kesejahteraan masyarakat Kota Dumai, terutama di bidang pertanian, jasa dan pendidikan," ujarnya.***

(Reihan Irfan)
Kategori : Dumai, Politik
wwwwww