Home > Berita > Dumai

Final, Zul AS-Eko Raih Suara Terbanyak di Pilkada Kota Dumai

Final, Zul AS-Eko Raih Suara Terbanyak di Pilkada Kota Dumai

Zulkifli AS (kiri) dan Eko Eko Suharjo.

Rabu, 16 Desember 2015 17:41 WIB
DUMAI, POTRETNEWS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai, Riau, menetapkan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Nomor Urut 2, Zulkifli AS-Eko Suharjo meraih suara terbanyak dalam Pilkada Serentak 9 Desember lalu. Ini berdasarkan hasil Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Kota Dumai yang menetapkan Zulkifli AS-Eko meraih 32.618 suara sah. Pleno berlangsung di salah satu ruang hotel di Kota Dumai, Rabu 16 Desember.

Sementara peraih suara terbanyak kedua adalah pasangan nomor urut 4, Abdul Kasim-Nuraini dengan perolehan 30.315 suara sah. Pleno rekap suara dipimpin langsung Ketua KPU Kota Dumai Darwis didampingi empat komisioner lain yakni Robi Aslam, Edi Indra, Siti khadijah, dan Kurnia Ningsih.

Turut hadir Ketua KPU Riau Nurhamin, Komandan Distrik Militer, Kepala Polres Dumai, Panitia Pengawas, dan seluruh saksi dari lima pasangan calon.

Darwis menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, baik penyelenggara, pengawas, pasangan calon, serta aparat keamanan yang telah menyukseskan pelaksanaan pilkada di Kota Dumai.

"Pleno ini, penetapan calon wali kota peraih suara terbanyak. Untuk penetapan kandidat terpilih dijadwalkan 21 atau 22 Desember nanti," kata Darwis, di Kota Dumai, Riau, Rabu (16/12/2015).

Hasil Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Kota Dumai menetapkan Calon Nomor Urut 1 Muhammad Ikhsan-Yanti Komala meraih 20.298 suara sah, Pasangan Nomor Urut 3 Amris-Sakti sebanyak 20.882 suara sah, dan Pasangan Nomor Urut 5 Agus Widayat-Maman Syufriadi memperoleh 12.663 suara sah.

Pelaksanaan pleno rekapitulasi suara ini sempat diwarnai aksi "walk out" dari saksi Pasangan Calon Nomor Urut 4 Abdul Kasim-Nuraini. Mereka meminta rapat pleno ditunda karena ada dugaan pelanggaran yang dilakukan salah satu tim pemenangan kandidat. Namun, hal itu tidak menjadi kendala dalam penetapan rekapitulasi suara. Rapat ini dijaga ketat aparat kepolisian dari Polres Dumai dan Polda Riau. Penjagaan dilengkapi persenjataan dan armada mobil water cannon.

Tingkat partisipasi pemilih dalam pilkada yang digelar di 493 TPS di Kota Dumai ini sebanyak 119.398 suara atau 68,13 persen dari total 170.883 pemilih tetap. Penetapan calon peraih suara terbanyak diakhiri dengan penandatanganan berita acara oleh KPU Kota Dumai bersama saksi lima kandidat dan secara umum pelaksanaan berjalan aman kondusif. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Dumai, Politik
Sumber:Metrotvnews.com
wwwwww