Home > Berita > Inhil

Umat Islam Inhil Berharap Khatib Salat Jumat Sampaikan Materi Kutbah Menarik dan Sesuai Konteks Kekinian

Umat Islam Inhil Berharap Khatib Salat Jumat Sampaikan Materi Kutbah Menarik dan Sesuai Konteks Kekinian

Plt Sekdakab Inhil H Fauzar (tengah), Kabag Kesra HM Arifin (kanan) dan KH Rusli Kurnain saat menghadiri Pelatihan Imam dan Khatib di Wisma Indah Sari Tembilahan, Sabtu (12/12/2015) malam. (foto: humas setda inhil)

Minggu, 13 Desember 2015 19:28 WIB
Usuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Pelaksana Tugas (Plt) Sekdakab Indragiri Hilir (Inhil), Riau, H Fauzar SE, Sabtu (12/12/2015) membuka acara Pelatihan Imam dan Khatib yang akan berlangsung mulai 12-14 Desember ini di Wisma Indah Sari Tembilahan. Plt Sekda dalam sambutan mengatakan, kegiatan ini salah satu bentuk kepedulian Pemkab Inhil, terutama bidang keagamaan. Pelatihan ini dirasa penting dan merupakan tuntunan agama. Di samping juga tuntutan zaman dan jemaah mesjid akan imam dan khatib yang berkualitas.

"Dengan imam dan khatib yang mumpuni, jemaah akan merasakan kenyamanan dan kekhusukan dalam salatnya. Pada gilirannya jemaah semakin tertarik untuk salat berjemaah ke mesjid," katanya.

Mantan Kadis PU Inhil ini menegaskan kepada imam dan khatib yang hadir, agar mendukung dan memfasilitasi kegiatan Maghrib Mengaji yg ada di mesjid masing-masing. Program ini adalah program unggulan pemkab, karena manfaat sangat besar untuk membangun generasi Islam di masa mendatang.

Sementara itu Kabag Kesra Kabupaten Inhil HM Arifin SSos, pelatihan ini sifatnya oreintasi dan penyegaran. Meski diakuinya imam dan khatib pasti sudah mengetahui dari pendidikan yang mereka dapat selama ini.

"Akan tetapi kegiatan ini tetap di pandang perlu, untuk menambah pemahaman yang lebih mendalam kepada imam dan khatib. Sejauh ini masih ada kritikan, saran dan harapan masyarakat bagaimana imam dan khatib kita memimpin Salat Jumat lebih berkualitas (menarik dan sesuai konteks kekinian, red)," ujar Arifin yang juga penanggung jawab kegiatan.

Pelaksanaanya pelatihan ini diikuti 100 orang dari 20 kecamatan se-Kabupaten Inhil, dengan narasumber KH Kursani SPdI, Ketua MUI, Kakan Kamenag, KH Abd Muis Kurnain, KH Rusli Kurnain dan HM Effendi LC. ***

Kategori : Inhil, Umum
wwwwww