Home > Berita > Inhil

Anggota RAPI Harus Proaktif Menyebarluaskan Info Bencana Banjir dan Kebakaran Hutan

Anggota RAPI Harus Proaktif Menyebarluaskan Info Bencana Banjir dan Kebakaran Hutan

Bupati Indragiri Hilir, Riau, HM Wardan (kiri) usai penandatanganan naskah kerja sama dengan Ketua Umum RAPI Pusat Dharma Udayana Nasution, di Tembilahan, Sabtu (12/12/2015). (foto: potretnews.com/usuf)

Minggu, 13 Desember 2015 11:37 WIB
Usuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Memeriahkan Pengukuhan Pengurus Radio Antarpenduduk Indonesia (RAPI) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) oleh Ketua RAPI Provinsi Riau dan Pusat, digelar Kontes Resing Kecepatan Antarjaringan Radio, Sabtu (12/12/2015). Acara yang dipusatkan di Terminal Bandar Laksmana Indragiri tersebut juga dihadiri oleh Bupati HM Wardan, forkopimda, kepala SKPD, dan kabag di lingkungan sekretariat daerah setempat.

Ketua Umum RAPI Pusat Dharma Udayana Nasution mengatakan, telekomunikasi jenis radio ini sangat penting dimiliki di setiap daerah. Hal tersebut untuk mempermudah arus informasi, terutama daerah yang tidak memiliki sistem komunikasi selain telekomunikasib radio.

Sejalan dengan program RAPI, pihaknya telah melakukan berbagai kerja sama dengan berbagai instansi seperti bidang penanggulangan bencana. "Hal tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat di setiap daerah," ujarnya.

Untuk itu ia meminta kepada RAPI Inhil untuk bersinergi dengan penduduk dan bekerja sama dengan pemkab untuk menginformasikan hal-hal yang dianggap penting dan sifatnya mendesak, seperti musibah banjir, kebakaran hutan dan lain-lain.

Sementara itu Bupati Inhil HM Wardan pada kesempatan itu menyatakan rasa bangga dan bahagia mendapat kunjungan tamu dari pusat dan pengurus Provinsi Riau, yang datang menghadiri pengukuhan RAPI Inhil.

"Dengan pengukuhan ini, saya mengharap RAPI dapat berkiprah membantu kegiatan-kegiatan pemerintahan, terutama menyebarkan informasi hingga kepelosok pedesaan," harap Wardan

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau meminta kepada organisasi RAPI yang baru saja dikukuhkan, untuk aktif dan bisa menjadi mitra pemerintah daerah.

Dalam kesempatan itu juga Bupati Inhil meninjau secara langsung peralatan RAPI dan mendengarkan langsung Ketua Umum RAPI Pusat berkomunikasi dengan pengurus yang ada di Provinsi Bali.

Sementara itu Fauzan Hamid Ketua RAPI Inhil menyebut, RAPI Inhil sudah menyusun berbagai program, terutama untuk mendukung dan menyukseskan program pemerintah daerah.

"Data sementara, RAPI yang ada di Inhil kurang lebih 170. Ke depan diharapkab akan terus berkembang, ada beberapa kecamatan yang datanya yang belum terhinpun kepada kita," jelasnya.

Sementara itu, Kontes Resing Kecepatan Antarjaringan Radio yang disaksikan langsung oleh Ketua RAPI Pusat, Bupati Inhil, dan para undangan, diikuti peserta dari Jambi, Sumatera Barat dan sejumlah kabupaten/kota di Riau. (rls)

(M Yamin Indra)
Kategori : Inhil, Umum, Pemerintahan
wwwwww