Home > Berita > Rohil

Setelah Diberitakan Media, Plt Sekda Rohil Janji Segera Perbaiki Tiang Penyangga Pelabuhan Bagansiapiapi yang Patah, Surya Arfan: Kerusakan Ini karena Faktor Alam

Setelah Diberitakan Media, Plt Sekda Rohil Janji Segera Perbaiki Tiang Penyangga Pelabuhan Bagansiapiapi yang Patah, Surya Arfan: Kerusakan Ini karena Faktor Alam

Tiang penyangga pelataran Pelabuhan Baru Bagansiapiapi yang patah. (foto: potretnews.com)

Rabu, 21 Oktober 2015 21:34 WIB
Jaka Abdillah
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com- Setelah diberitakan media, tiang penyangga jembatan penghubung ruang tunggu Pelabuhan Baru Bagansiapiapi yang patah, bakal diperbaiki. "Patahnya jembatan penghubung itu karena faktor alam. Jadi kita akan segera memperbaikinya,'' ujar Plt Sekda Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau, Drs H Surya Arfan MSi menjawab wartawan, saat melakukan peninjauan ke lokasi jembatan rusak di pelabuhan baru, Rabu (21/10/15).

Menurut Surya, jembatan yang rusak sepanjang 2 meter diperkirakan akibat abrasi dari air pasang yang selalu melanda pelataran pelabuhan. Tidak hanya itu, plt sekda beserta rombongan juga melihat kondisi tiang penyanggan yang patah dan ada juga yang sudah miring, di sekitar pelabuhan baru tersebut.

”Saya sudah telepon langsung Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo Rohil H Mukhtar Lutvie, red)," kata plt sekda.

Surya Arfan juga menambahkan, aliran air di Sungai Rokan memang sangat deras sehingga membuat bagian bibir pantai mengalami abrasi. Tindak hanya itu, plt sekda juga menunjukkan pelabuhan lama yang berada di Jalan Nelayan sebagai contoh akibat dampak dampak abrasi tersebut.

"Bupati Rohil H Suyatno telah menginstruksikan semua satuan kerja perangkat daerah agar lebih tanggap lagi atas setiap info yang kita terima dari rekan-rekan wartawan,'' ungkap Surya.

Saat meninjau pelabuhan baru, Plt Sekda Rohil didampingi Asisten II H Hasrial, Asisten III H Ali Asfar, Kadishut H Rahmatul Zamri dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) H Azhar Achmad Ali.

Dishubkominfo "Tutup Mata" 

Seperti telah dilansir potretnews.com, Rabu (21/10/2015), Dinas Perhubungan Komunkasi dan Informasi Kabupaten Rokan Hilir (Dishubkominfo Rohil), Provinsi Riau, nampaknya tutup mata.Betapa tidak, meski kondisi tiang penyangga pelataran Pelabuhan Baru Bagansiapiapi telah patah dan ada juga yang mereng, namun belum ada upaya perbaikan.

Menurut Jumaris (50) warga Bagansiapiapi, melihat kondisi yang tidak stabil tersebut bisa dipastikan kapan saja pelabuhan itu bisa ambruk. Makanya dia meminta Dishubkominfo cepat bertindak. Karena jika tidak segera diambil tindakan, bisa dipastikan sesuatu hal yang tidak diinginkan pasti terjadi.

"Kita minta kepada pemerintah kabupaten memalui dinas terkait segera memperbaikinya. Karena kalau dibiarkan, dalam waktu yang tidak lama tiang penyangga itu roboh," katanya, di Bagansiapiapi, Selasa (20/10/2015).

Hal senada disampikan Andi (28). Kata dia, pelabuan tersebut merupakan salah satu tempat transit masyarakat saat menggunakan jasa angkutan laut. Tidak jarang setiap hari ada saja alur pulang pergi masyarakat menggunakan jalur laut. Jadi, sudah tentu fungsi pelabuhan sangat dibutuhkan.

"Kalau tak ada pelabuhan bagaimana aktivitas masyarakat yang menggunakan jasa angkutan laut. Sementara semua kita sudah tau minimal setiap hari pasti ada arus pulang pergi masyarakat antarpulau dari Pelabuhan Bagansiapiapi. Kalau dibiarkan rusak dan roboh sangat merugikan masyarakat. Kita berharap pihak Dishubkoinfo cepat tanggap dan memperbaiki agar tidak lebih parah lagi rusaknya pelabuhan ini," tandasnya, secara terpisah.

Soal kondisi tiang penyangga pelabuhan yang hampir patah ini, sebenarnya Dishubkoinfo Rohil beberapa waktu pernah mendapat instruksi langsung dari Bupati Rohil H Suyatno untuk memperbaiki. Tapi sepertinya perintah orang nomor satu di Kabupaten Rokan Hilir itu tak digubris. Buktinya, sampai saat ini tiang penyangga masih dibiarkan dengan kondisi seperti itu.

"Kemarin waktu pak bupati meninjau kapal bantuan untuk danlanal, beliau melihat kondisi patah tiang pelabuhan dan beliau langsung minta kepada pihak Dishubkominfo untuk segera memperbaiki. Tapi nampaknya sampai sekarang masih dalam kondisi yang sama bahkan makin rusak," kata Kabag Humas Setdakab Rohil, Hermanto. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Rohil, Pemerintahan
wwwwww