Home > Berita > Inhil

Begini Cara Sederhana Cegah Demam Berdarah ala Plt Kadiskes Inhil

Begini Cara Sederhana Cegah Demam Berdarah ala Plt Kadiskes Inhil

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, drs Saut Pakpahan.

Kamis, 10 Desember 2015 00:04 WIB
Usuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD) di musim penghujan ini. Imbauan ini disampaikan oleh Pelaksanan Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Inhil dr Saut Pakpahan, kepada wartawan belum lama di ruang kerjanya.

Dikatakan, untuk tindakan preventif, efektif dan efisien mencegah penyakit demam berdarah ini yaitu dengan cara pemberantasan sarang nyamuk melalui teknik 3M Plus.

"3 M itu adalah menguras, menutup, dan mendaur ulang bahan-bahan yang berpotensi menjadi sarang nyamuk," jelasnya.

Yang dimaksud dengan Plus, imbuh dia lagi, adalah segala bentuk kegiatan pencegahan, seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk.

Selanjutnya, kata Saut, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk dan menanam tanaman pengusir nyamuk. Bisa jugs denan mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk.

"Seandainya merasa terkena gejala-gejala penyakit maka segera rujuk ke puskesmas setempat atau RSUD terdekat," ujarnya. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Inhil, Umum, Lingkungan
wwwwww