Mulai Desember Ini, Dibuka Rute Penerbangan Pekanbaru - Jambi, Pekanbaru - Palembang dan Pekanbaru - Tanjung Pinang

Mulai Desember Ini, Dibuka Rute Penerbangan Pekanbaru - Jambi, Pekanbaru - Palembang dan Pekanbaru - Tanjung Pinang

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Rabu, 09 Desember 2015 21:49 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sebanyak tiga maskapai penerbangan akan beroperasi mulai Desember 2015 di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, baik untuk menerbangi rute internasional muapun rute baru domestik. "Ketiga maskapai itu, dua di antaranya baru operasi di Pekanbaru, seperti Jetstar dan Xpress. Untuk rute, terdapat rute baru seperti Pekanbaru-Jambi yang dilayani Wings Air," kata Kadiv Pelayanan dan Operasional Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Hasturman Yunus di Pekanbaru, Rabu.

Sedangkan rute penerbangan lainnya, kata dia, seperti Pekanbaru-Palembang dan Pekanbaru-Tanjungpinang merupakan rute yang coba dihidupkan kembali setelah ditinggal oleh maskapai Riau Airlines. Serta menuju Tanjung Pinang sempat dihidupkan oleh maskapai Sky Aviation selama beberapa bulan.

Untuk rute Singapura-Pekanbaru pergi pulang tiga kali sepekan dilayani oleh Jetstar lebih cenderung bermotif persaingan dalam merebut hati penumpang karena rute luar negeri tersebut telah dilayani maskapai Silk Air dengan hari berbeda, walau beda pelayanan yang diberikan.

"Kalau Silk Air lebih dulu hadir dengan full service (layanan penuh) dengan operasi setiap Senin, Rabu dan Jumat. Sedangkan Jetstar adalah maskapai low cost carrier (berbiaya rendah) hadir mulai besok (Kamis), Minggu dan Selasa," jelasnya.

Beroperasi ketiga maskapai tersebut, ucap Hasturman, berarti telah membawa dampak positif di semua sektor terutama telah memberi sumbangan bagi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau.

"Ini membuktikan bahwa ibu kota Provinsi Riau masih jadi magnet dan kalau terdapat suatu maskapai buka rute pasti mereka telah melakukan kajian yang menguntungkan perusahaan penerbangan," teranya.

Data Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II menyebut, saat ini terdapat 10 rute domestik telah dibuka seperti Pekanbaru-Jakarta, Pekanbaru-Batam, Pekanbaru-Medan, Pekanbaru-Bandung, Pekanbaru-Yogyakarta, Pekanbaru-Surabaya, Pekanbaru-Pasirpengaraian, Pekanbaru-Tembilahan, Pekanbaru-Dabo Singkep dan Pekanbaru-Tanjung Balai Karimun.

Ke-10 rute tersebut dilayani oleh delapan maskapai melayani penerbangan domestik seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Citilink, Indonesia AirAsia, Sriwijaya Air, Nam Air dan perintis dilayani Susi Air.

Sementara rute penerbangan internasional terdapat tiga maskapai yang melayani yakni AirAsia dengan rute Kuala Lumpur-Pekanbaru pergi pulang setiap hari, Malindo Air dengan rute Malaka-Pekanbaru setiap hari dan Silk Air rute Singapura-Pekanbaru tiga kali dalam sepekan.***

(wawan setiawan)
Kategori : Pekanbaru, Umum
Sumber:tempo.co
wwwwww