Ultimatum Plt Gubernur Riau: Kongres HMI sampai Besok Jam 12 Siang!

Jum'at, 04 Desember 2015 18:06 WIB
ultimatum-plt-gubernur-riau-kongres-hmi-sampai-besok-jam-12-siangPelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Pemerintah Provinsi Riau men-deadline Panitia dan Presidium Sidang Kongres XXIX Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) untuk menuntaskan persidangannya. Organisasi mahasiswa tertua di Indonesia ini diberi waktu 19 jam. Keluarnya ”ultimatum” itu diduga karena kembali ricuhnya sidang yang berujung bentrok pada dini hari hingga subuh tadi. Waktu yang diberikan kepada Panitia Kongres HMI dimulai pukul 17.00 WIB, Jumat (4/12/2015) hingga besok, Sabtu (5/12) pukul 12.00 WIB.

"Kami beri toleransi waktu untuk menyelesaikan kongres hingga Sabtu besok. Kalau tidak juga siap, silakan dirapatkan kembali mau dipindahkan atau bagaimana," tandas Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman seperti dikutip potretnews.com dari GoRiau yang mewawancarainya, di Pekanbaru, Jumat (4/12/2015) sore.

Menurut Andi, sapaan akrab plt gubernur, deadline 19 jam tersebut akan digunakan panitia kongres untuk merampungkan agenda dan pemilihan ketua umum yang baru. Tidak hanya itu, malam ini panitia kongres berusaha menyiapkan 4-5 bus untuk memulangkan peserta penggembira kongres yang tersisa.

Kabar dipulangkannya penggembira dibenarkan Ketua Umum Demisioner, Muhammad Arief Rosyid Hasan. "Kami usahakan untuk menyediakan 4-5 bus, sekitar 200-250 orang kader HMI akan pulang," kata dia.

Sementara itu, Danrem 031/WB Brigjen TNI Nurendi turut menyesalkan aksi bentrok yang terjadi antarsesama massa HMI, Jumat subuh tadi. Namun, ia pun juga bersyukur karena aparat keamanan berhasil meredam kerusuhan yang ada.

"Alhamdulillah bentrok bisa diredam. Untuk berlangsungnya kongres, kami beri waktu hingga pukul 12.00, Sabtu siang. Kalau tidak cukup juga, silakan koordinasikan mau bagaimana," ujar Nurendi. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Pekanbaru, Peristiwa
wwwwww