Cabang se-Indonesia Sampaikan Kritik terhadap PB HMI 2013-2015, Polisi Amankan Sidang hingga Pagi

Cabang se-Indonesia Sampaikan Kritik terhadap PB HMI 2013-2015, Polisi Amankan Sidang hingga Pagi

Suasana Kongres HMI 2015 di Gelanggang Remaja, Pekanbaru, hingga pukul 00.30 WIB, Ahad (29/11/2015). (foto: riaupos.co)

Minggu, 29 November 2015 00:55 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Penyampaian pandangan umum terhadap Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) periode 2013-2015 dipenuhi ratusan kader yang berebut masuk ruangan untuk menyaksikan berjalannya sidang pleno II, Sabtu (28/11/2015) jelang tengah malam. "Forum bebas, masuk," teriak massa yang terus berdesakan memasuki ruang sidang di Gedung Gelanggang Remaja Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Dikutip potretnews.com dari GoRiau.com, sekira pukul 23.45 WIB, delegasi perwakilan setiap cabang diminta untuk menyampaikan pandangan umum, tanggapan maupun kritikan menyikapi LPj yang telah disampaikan PB HMI Periode 2013-2015.

Rata-rata delegasi HMI mengkritisi masa kepemimpinan M Arief Rosyid Hasan yang dinilai tidak menakhodai HMI sesuai harapan. Platform yang diusung Arief "HMI Untuk Rakyat" pun lantas dipertanyakan.

Untuk diketahui, Kongres XXIX HMI molor dari agenda sebelumnya yang dijadwalkan 22-26 November 2015. Akibat banyaknya agenda yang belum terselesaikan, kongres ini pun terpaksa meminta tambahan waktu selama tiga hari hingga 29 November 2015.

Hingga berita ini diturunkan pukul 00.47 WIB, Minggu (29/11/2015) dini hari, sidang pleno II masih berlanjut.

Sementara, dikutip dari riaupos.co, personel Polda Riau dan Polresta Pekanbaru masih melakukan penjagaan di Gelanggang Remaja. Mereka langsung di bawah komando pejabat utama polda dan polresta.

Petinggi kepolisian yang tampak di lokasi di antaranya, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Drs Aries Syarief Hidayat MM, Karo Ops Polda Riau Kombes Pol Edi Setio Budi Santoso, Dir Binmas Polda Riau Kombes Pol DR Sugiono SH MH, Wadir Sabhara Polda Riau AKBP Indra dan Wakapolresta Pekanbaru AKBP Sugeng Putut Wicaksono SIK.

Hampir setiap malam pejabat utama Polda Riau dan Polresta Pekanbaru melakukan pengawalan terhadap Kongres HMI hingga selesai. "Beberapa hari ini kami selalu pulang sekitar pukul 03.00 WIB, dan kadang hingga pukul 04.00 WIB," terang wakapolres saat dijumpai di lapangan.

Selain itu, seluruh kasat dan Kapolsek se-Polresta Pekanbaru turun langsung melakukan pengawasan. Sedangkan untuk pengawalan sidang kongres pada malam ini lebih kurang 400 personel telah diturunkan.

"Kami gabungan sabhara serta Sat Brimob Polda Riau. Untuk melakukan pengamanan anggota kami bagi dalam empat regu. Mereka akan secara bergantian melakukan pengamanan selama 12 jam," ujar Putut. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Pekanbaru, Peristiwa
Sumber:GoRiau.com, riaupos.co
wwwwww