Home > Berita > Riau

Kongres HMI Telan Dana Rp7 Miliar, Panitia Janji akan Kembalikan Duit APBD Riau Rp3 Miliar

Kongres HMI Telan Dana Rp7 Miliar, Panitia Janji akan Kembalikan Duit APBD Riau Rp3 Miliar

Suasana pembukaan Kongres XXIX HMI di Pekanbaru, Minggu (22/11/2015) lalu.

Kamis, 26 November 2015 22:19 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Panitia Kongres HMI ke-29 berjanji akan mengembalikan dana ABPD Riau sebesar Rp3 miliar yang dipakai untuk kongres tersebut. Kongres HMI di Pekanbaru ini sendiri menelan biaya yang relatif tinggi, yaitu senilai Rp7 miliar.
Koordinator Stering Commute (SC) Kongres HMI, Akmal Sakti, mengatakan anggaran tersebut baru sebagian yang dicairkan hingga hari ini. Dia mengakui bahwa dana kongres itu sumbangan dari pihak alumni dan pihak-pihak lain.

“Dana subsidi Rp3 miliar dari APBD Riau 2015 akan kami kembalikan, jika (dana kongres) berlebih,” katanya saat berada di Pekanbaru, Kamis (27/11/2015). Akmal menambahkan, bukanlah hal sulit bagi mereka untuk mencari dana Rp7 miliar serta tambahan dana Rp1 miliar untuk perpanjangan kongres.

Sebelumnya, timbul polemik serta petisi menolak anggaran tersebut. Wakil Presiden Jusuf Kalla juga sempat menyindir Ketua PB HMI M Arief terkait dana dari APBD Riau tersebut. JK mengatakan seharusnya dana bisa dicari dengan cara yang lebih berbudaya.

“Ini Ketua PB M Arief sebar proposal di mana-mana. Kalau HMI zaman saya, dulu, kami sampai jualan kue,” katanya saat berpidato membuka Kongres HMI di Pekanbaru, Minggu (22/11/2015).

Sebelumnya, juga muncul beberapa insiden ricuh antar kelompok massa HMI sehingga acara terpaksa diperpanjang dari jadwal yang ditetapkan. Seharusnya, kongres itu berakhir pada Kamis (26/11/2015) ini.

Aksi ricuh dimulai ketika 1.500 mahasiswa yang berasal dari Makassar melakukan aksi bakar ban karena merasa ditelantarkan, Sabtu (21/11/2015), sebelum Kongres HMI dimulai. Mahasiswa Makassar juga dituduh sebagai pelaku yang memanah mahasiswa Riau, Minggu lalu.

Polisi menangkap delapan orang dari rombongan Makassar karena kedapatan membawa senjata api, senjata tajam, sumpit (panah beracun tradisional), serta racun mematikan.***

(Wawan Setiawan)
Kategori : Riau, Umum
Sumber:solopos.com
wwwwww