Masih Banyak Restoran di Pekanbaru Pakai Tisu Toilet di Meja Makan

Masih Banyak Restoran di Pekanbaru Pakai Tisu Toilet di Meja Makan

Ilustrasi tisu toilet di meja makan restoran.

Selasa, 24 November 2015 20:28 WIB
Mukhlis
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal berbagai macam tisu. Ada tisu muka, tisu makan, maupun tisu toilet. Tapi tisu toilet dalam gulungan itu tak hanya ditemukan di dalam toilet melainkan juga di meja makan. Menurut Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Lancang Kuning Riau Drs Riyono Gede Trisongko MM, umumnya masyarakat Indonesia menggunakan tisu apa adanya sehingga tidak sesuai dengan peruntukannya.

”Seperti misalnya di banyak rumah makan di Kota Pekanbaru. Tisu yang tersedia hanyalah tisu toilet dalam bentuk gulungan. Padahal itu tidak tepat. Kami tidak akan pernah bosan menghalo-halokan penggunaan tisu makan yang benar kepada semua pengusaha kuliner. Barangkali masih banyak yang belum mengetahuinya," kata Riyono dalam percakapan dengan potretnews.com, Selasa (24/11/2015) di ruangan kerjanya.

Dia menyebut, pemberitahuan ke tempat usaha kuliner, bukan hanya sekadar ucapan saja, tapi dengan langsung memberikan contoh tisu makan yang benar di tempat tersebut.

Riyono bersyukur, ”kampanye” yang dilakukan LSP diterima dengan baik oleh pengelola atau pemilik usaha kuliner. "Kita berharap ke depan semua pengusaha kuliner di Riau tidak lagi ada yang menggunakan tisu gulung di meja makan. Karena memang tidak tepat,” kata dia lagi.

Terpisah, salah seorang pengusaha kuliner makanan tradisional khas Melayu, Rustam mengapresiasi pemberitahuan LSP Pariwisata tentang penggunaan tisu makan yang benar.

Rustam mengaku jika belum pernah mendapat pemberitahuan tisu makan yang benar. "Pantas saja (duu) wisatawan dari Malaysia yang sudah masuk ke tempat kita tidak jadi memesan menu. Mungkin karena melihat tisu gulung terletak di meja,” ujarnya. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww