Home > Berita > Rohil

Banyak Tanaman Tak Produktif, Legislator Ini Sarankan Percepatan Replanting

Sabtu, 21 November 2015 17:59 WIB
Advertorial
banyak-tanaman-tak-produktif-legislator-ini-sarankan-percepatan-replantingAnggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Yunadi.
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, Yunadi mengingatkan perlunya peningkatkan program untuk peremajaan kembali (replanting) tanaman yang menjadi komoditas andalan masyarakat seperti tanaman kelapa sawit dan karet. "Kami ingin agar pemerintah bisa menambah kegiatan untuk replanting, karena berdasarkan pendataan dan informasi yang diperoleh, cukup banyak tanaman komoditas khususnya milik masyarakat yang memasuki usia tidak produktif lagi," ujar Anggota DPRD Rohil Yunadi, di Bagansiapiapi, Jumat (20/11/2015).

Melihat kenyataan di lapangan, dia berpendapat pemerintah harus mengintensifkan perhatian terhadap program tersebut. Sehingga petani tidak mengalami kesulitan yang bisa menganggu sumber pendapatan mereka sehari-hari.

"Hal lain yang penting untuk diperhatikan termasuk bagaimana mengatasi munculnya hama pasca-replanting itu. Tentu yang mengerti dengan baik adalah instansi terkait seperti dinas Perkebunan," ujarnya.

Yunadi menyebut, perlu ada solusi dan pemikiran bersama untuk mengatasi persoalan tersebut. Banyak masyarakat terutama di daerah sentra sawit dan karet yang dihadapkan dengan persoalan tidak produktifnya lagi tanaman yang dimiliki. Misalnya saja seperti di Kecamatan Pujud dan Tanah Putih yang merupakan penghasil karet terbesar di Rohil.

"Harus ada antisipasi nyata, jika memang harus dibongkar tanamannya maka harus dilakukan dengan segera. Pemerintah hendaknya turun tangan menghadapi persoalan yang sudah di depan mata ini," ujarnya. (adv/dewan/jaka)

Kategori : Rohil, Politik
wwwwww