Home > Berita > Rohil

Warga Perantauan Siap Bantu Pembangunan Kembali Mesjid Al Ikhsan yang Terbakar di Pasirlimau Kapas

Warga Perantauan Siap Bantu Pembangunan Kembali Mesjid Al Ikhsan yang Terbakar di Pasirlimau Kapas

Mesjid Al Ikhsan di Kecamatan Pasirlimau Kapas (Palika), Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, yang terbakar beberapa hari lalu.

Jum'at, 06 November 2015 16:56 WIB
Advertorial
ROKAN HILIR, POTRETNEWS.com - Musibah kebakaran yang menimpa Mesjid Al Ikhsan di Kecamatan Pasirlimau Kapas (Palika), Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, menimbulkan aksi simpati dari berbagai kalangan. Menyikapi itu, sejumlah tokoh pemuda, tokoh masyarakat maupun pejabat setempat mengadakan pertemuan untuk membahas upaya penggalangan dana.

Pengumpulan danasebagai langkah awal agar masyarakat bisa menggunakan tempat badah sementara dalam pelaksanaan Salat Jumat mengingat mesjid itu satu-satunya yang digunakan selama ini.

Rumah ibadah lainnya di kepenghuluan itu hanya musala atau disebut dengan istilah surau. "Penggalangan dana ini sebagai solusi dalam waktu dekat ini. Sedangkan untuk jangka panjangnya tentu akan diusulkan pembangunan mesjid yang permanen. Namun pembangunan mesjid belum dipastikan, apakah di tempat yang sekarang atau pindah ke tempat lain," kata Ketua Tim Penggalangan Dana, Fauzi M Yasin, Kamis (5/11/2015) di Bagansiapiapi.

Dari nama-nama yang didata, cukup banyak warga asal Palika yang bekerja di luar daerah seperti di Sumatera Utara, Pulau Jawa, dan Malaysi. Menurut Fauzi, dari komunikasi yang telah dijalin, diketahui warga Palika di perantauan sangat berduka dengan musibah terbakarnya mesjid.

"Semoga ini menjadi peringatan bagi kami semua, khususnya warga Palika untuk lebih memperhatikan mesjid dan mengaktifkan kegiatan keagamaan yang ada. Sejauh ini telah disepakati pembukaan rekening pengalangan dana mesjid untuk memudahkan warga yang berniat membantu. Kalau yang di Malaysia mereka sangat antusias ingin membantu, bahkan ada yang ingin mengirimkan uang langsung," ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Rohil Abdul Kosim yang berasal dari Dapil Palika menyatakan prihatin dengan musibah tersebut. Menurut dia, kejadian itu sangat mengejutkan dan diharapkan sebagai introspeksi bersama.

"Saya begitu terpukul begitu mendapatkan kabar tentang terbakarnya mesjid. Spontan saya langsung salat. Mudah-mudahan ada hikmah di balik ini semua," tuturnya. Kosim menyatakan kesiapan berjuang untuk memasukkan anggaran bagi pembangunan masjid tersebut.

Perlu diketahui, Mesjid Al Ikhsan terbakar beberapa hari lalu, diduga karena tersambar petir. Kebakaran awalnya mengenai bagian kubah mesjid lalu merambat ke sisi lain bangunan sehingga akhirnya seluruh mesjid terbakar menyisakan bagian fondasi dan beberapa tiang saja. (adv/dewan/jaka)

(Akham Sophian)
Kategori : Rohil, Umum, Peristiwa
wwwwww