Home > Berita > Riau

Polda Riau Ancang-ancang Naik Kelas Tipe A

Polda Riau Ancang-ancang Naik Kelas Tipe A

Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo.

Rabu, 04 November 2015 05:41 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kepolisian Daerah (Polda) Riau, mengambil ancang-ancang untuk menaikkan tipologi, dari sekarang tipe B menjadi tipe A. Pengajuan ini, akan dibahas melalui musrenbang yang dilaksanakan, Rabu (4/11/2015), di Hotel Pangeran, Pekanbaru. Kepala Bidang Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo SIK MM, Selasa (3/11/2015) membenarkan hal ini. "Musrenbang besok sekaligus membahas mengenai peningkatan tipologi Polda yang sekarang (tipe B), menjadi tipe A. Ini kita referensikan karena beberapa faktor pertimbangan," sebutnya.

Pertimbangan tersebut, berdasar pada luas wilayah (Riau), kerawanan Kamtibmas, kerawanan penduduk, aspek geografis yang strategis, geografis politik dan ancaman gangguan keamanan lainnya.

"Riau berbatasan dengan beberapa negara tetangga dan posisinya strategis. Jadi posisi penting hubungan bilateral dengan negara sperti Malaysia dan Singapura," kata Guntur.

Pertimbangan lainnya, yakni berpatokan pada empat jenis kejahatan yang dominan di Riau, seperti konvensional crime, transnasional crime, kejahatan kekayaan negara serta kejahatan yang berimplikasi dengan kontijensi. Jenis-jenis kejahatan tersebut membutuhkan penanganan preventif dan preemtif yang tepat oleh kepolisian.

"Untuk mengantisipasi semua kerawanan itu, kita perlu meningkatkan menjadi tipe A, agar kepolisian bisa mendukung seiring dengan perkembangan pembangunan perekonomian di Riau," ujarnya.

Musrenbang besok, rencananya akan dipimpin langsung oleh Kapolda Riau Brigjen Dolly Bambang Hermawan, yang diikuti oleh seluruh Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) Pejabat Umum kepolisian Riau. "Jadi seperti apa poin-poin yang dirumuskan, akan bisa diajukan ke pusat," ucapnya. ***

(Farid Mansyur)
Kategori : Riau, Hukrim
Sumber:GoRiau.com
wwwwww