Home > Berita > Umum

Tiga Kapal untuk Evakuasi Korban Asap Sudah Siaga di Dumai, Ayo Buruan Siapa Mau Ikut...

Tiga Kapal untuk Evakuasi Korban Asap Sudah Siaga di Dumai, Ayo Buruan Siapa Mau Ikut...

ilustrasi

Rabu, 28 Oktober 2015 09:24 WIB
.
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Kementerian Perhubungan telah menyiapkan 16 kapal untuk evakuasi korban kabut asap. Rincianya, 7 kapal KPLP (Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai), 7 kapal navigasi negara dan 2 kapal Pelni. Juru Bicara Kementerian Perhubungan J.A. Barata mengatakan, setiap kapal KPLP berkapasitas 150 orang, kapal navigasi 100 orang dan kapal Pelni 1.000 orang. "Mereka sudah siap orang-orangnnya, bahan bakar, obat-obatan dan tenaga medis. Yang dua, kami koordinasi dengan Pelni, mereka sudah siap," kata Barata, Selasa malam, 27 Oktober 2015.

Semua kapal siap melakukan evakuasi korban asap jika diperlukan. Tiga kapal KPLP, sudah merapat di pelabuhan antara lain di Dumai dan Selat Singapura. Sisanya, kata Barata, masih berada di 'baraknya' masing-masing menunggu perintah evakuasi. "Pada kondisi tertentu kita dekatkan kapal ke darat."

Barata menuturkan pemerintah daerah lah yang menentukan evakuasi korban asap. Evakuasi warga, terutama ke luar pulau, mempunyai SOP (standar operasional prosedur). "Pertama kita tangani secara biasa dengan pengobatan, lalu evakuasi masih dalam satu pulau, selanjutnya evakuasi antar pulau. Kita bersedia evakuasi tergantung dari pemerintah daerah," kata dia.

Menurut Barata, pihak yang mengetahui kebutuhan evakuasi dan titik lokasi evakuasi adalah pemerintah daerah. Karena itu, Kemenhub berkoordinasi dengan pemerintah daerah jika evakuasi warga ke kapal diperlukan.

Kemenhub juga memerintahkan semua kepala UPT Pelabuhan untuk menyiapkan fasilitas pelabuhan, sebagai salah satu jalur evakuasi khuususnya untuk mobilisasi warga masyarakat yang terkena dampak asap akibat kebakaran hutan di beberapa wilayah Indonesia.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut meminta para kepala UPT berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk meminta data penumpang dan barang bawaannya yang akan dievakuasi melalui pelabuhan.

Agar memfasilitasi para pengungsi, pemerintah meminta pelabuhan menyiapkan terminal penumpang, gudang, lapangan penumpang dan kantor pelabuhan untuk dapat digunakan sebagai tempat tinggal sementara sebelum evakuasi.
(***)
Kategori : Umum, Dumai, Riau
Sumber:tempo.co
wwwwww