Alamak... Ternyata Sebaran Kabut Asap Semakin Luas, Sudah Mulai Tutupi Laut Jawa dan Sebagian Jakarta

Alamak... Ternyata Sebaran Kabut Asap Semakin Luas, Sudah Mulai Tutupi Laut Jawa dan Sebagian Jakarta

ilustrasi

Minggu, 25 Oktober 2015 11:19 WIB
.
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Sebaran kabut asap di Sumatera dan Kalimantan terus meluas hingga kini.  Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) menyampaikan bahwa asap tipis hingga sedang menutup Laut Jawa pada Sabtu 24 Oktober 2015 petang, termasuk sebagian Jakarta.
"BMKG melaporkan bahwa pantauan satelit Himawari menunjukkan asap tipis-sedang menutup Laut Jawa dan sebagian Jakarta tersapu asap tipis," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu 24 Oktober 2015.

Tak hanya itu, menurut Sutopo, sebaran asap telah menyebabkan kualitas udara menurun di Filipina, Malaysia dan Singapura.

Berdasarkan data BNPB, sebanyak 10 orang meninggal dunia akibat asap di Sumatera dan Kalimantan. Para korban meninggal dunia akibat dampak asap baik langsung maupun tidak langsung.

Adapun korban yang meninggal karena terdampak langsung adalah mereka yang menjadi korban saat memadamkan api. Sedangkan korban tidak langsung adalah mereka yang sakit akibat asap, atau sebelumnya memiliki riwayat sakit lalu semakin parah karena terdampak asap.

Sutopo juga menilai bahwa bencana asap ini merupakan kejahatan kemanusiaan yang luar biasa.

"Sekarang saatnya kita tidak saling menyalahkan tapi bagaimana mengatasinya secara cepat," kata Sutopo.

Sutopo memprediksi, dengan skala kebakaran yang demikian luas, tidak mungkin satu dilakukan dalam satu dua pekan akan padam.
(tmp)
Kategori : Lingkungan, Umum
Sumber:tempo.co
wwwwww