Menakutkan! Langit di Pekanbaru Berwarna Orange akibat Pekatnya Kabut Asap

Menakutkan! Langit di Pekanbaru Berwarna Orange akibat Pekatnya Kabut Asap

Kabut asap tebal yang menyelimuti Kota Pekanbaru dan wilayah lainnya di Riau, Rabu (21/10/2015) pagi membuat langit menguning dan terkesan orange.

Rabu, 21 Oktober 2015 10:58 WIB
Akham Sophian
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Menakutkan! Langit Kota Pekanbaru, Provinsi Riau Rabu (21/10/2015) pagi, kembali menguning dan terkesan orange. Hal ini merupakan dampak sinar matahari yang tidak mampu menembus kabut asap yang tebal dan menyelimuti kota itu.

Pencemaran udara dampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di berbagai wilayah , benar-benar parah. Sehingga mengakibatkan langit Pekanbaru dipenuhi debu.

Sementara berdasarkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU), beberapa hari ini status kualitas udara Kota Pekanbaru tercatat sangat tidak sehat. Hanya saja, papan ISPU tersebut oleh sebagian masyarakat dinilai sudah tak layak lagi menjadi acuan. Karena hasil yang ada sangat berbeda, dengan hasil pemantaua setiap saat.

”Kami merasakan ini bukan tidak sehat lagi seperti yang tertera di papan ISPU, tapi sudah berbahaya dan beracun. Kami tidak tahu lagi harus bagaimana. Rumah kami juga sudah dimasuki asap,” kata seorang warga Pekanbaru, Hamdani Simatupang.

Setelah beberapa hari lalu sempat melihat birunya langit dan para siswa kembali ke bangku sekolah, kini seiring makin parahnya kabut asap, pelajar di Pekanbaru harus belajar di rumah-masing alias diliburkan.

"Hari ini, sekolah kembali diliburkan, karena kondisi kabut asap yang mencemari udara Pekanbaru, parah. Siswa akan masuk kembali tanggal 22 Oktober besok," ujar Vivi (35) orang tua salah satu murid SD Negeri 144 Kecamatan Senapelan, terpisah.

Namun, melihat kondisi kabut asap yang makin parah, ibu ini kurang yakin jika besok benar-benar sekolah. Apalagi putranya, sekarang terbaring lemah akibat diserang ISPA. ***

(Akham Sophian)
wwwwww