Home > Berita > Rohil

Jangan Dibiarkan, Perambau Hutan Bakau Rohil Harus DItindak Tegas

Sabtu, 17 Oktober 2015 20:46 WIB
Advertorial
jangan-dibiarkan-perambau-hutan-bakau-rohil-harus-ditindak-tegasKetua Fraksi PPP DPRD Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Bachid Madjid.
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Ketua Fraksi PPP DPRD Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, HM Bachid Madjid meminta pemerintah mengambil langkah tegas untuk menyelamatkan hutan bakau yang hari ini terus berkurang di hutan daerah ini. ”Saya berharap penegak hukum bertindak tegas agar aktivitas pembabatan atau pengerukan terhadap kawasan hutan bakau bisa berhenti,” kata Bachid Madjid kepada media, belum lama ini.

Dia meyakini, jika aksi itu dibiarkan akan berdampak terhadap pelestarian hutan mangrove dan tidak ada lagi hutan mangrove di bumi Rohil.

Agar tetap lestari, dia berpendapat pemerintah kabupaten juga proaktif menjaga aset hutan bakau kita ini. "Siapa pun yang membuka lahan di kawasan hutan tanpa seizin dari instansi pemerintah terkait merupakan perbuatan melanggar hokum. Jadi tolong tindak tegas," tandasnya.

Hutan bakau, menurut Bachid, memiliki peran penting salah satunya mencegah abrasi laut dan juga sebagai tempat biota laut berkembang biak. ”Namun hal ini belum mampu menyadari oleh pembabat hutan, mereka hanya terfokus mencari keuntungan,” ucapnya.

Pada bagian lain, dia mengingatkan dampak lain yang ditimbulkan dari perambahan (pembabatan hutan) bisa mengakibatkan nelayan-nelayan tradisional akan kehilangan lapangan pekerjaan.

”Inilah salah satu dampak terberat yang akan dialami oleh nelayan-nelayan kita bilamana kita tidak lagi memiliki hutan bakau. Dinas terkait harus melihat sudah berapa banyak hutan Bakau yang telah dirambah oleh mafia-mafia dan oknum yang tidak bertanggung jawab. Ini harus ditelusuri,” demikian Bachid Madjid. (adv/dewan/jaka)

Kategori : Rohil, Politik
wwwwww