Tanah di Semua Kecamatan Subur, Petani Inhil Dirangsang Tanam Kedelai

Tanah di Semua Kecamatan Subur, Petani Inhil Dirangsang Tanam Kedelai

Sekretaris Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, H RM Sudinoto.

Jum'at, 16 Oktober 2015 01:00 WIB
Usuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Para petani di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau, diajak untuk membudidayakan tanaman kedelai. Selain padi yang menjadi tanaman andalan petani, kedelai juga dinilai sangat potensial untuk ditanam di wilayah itu. Tawaran tersebut berdasarkan pengamatan yang dilakukan di Desa Sebatu, Kecamatan Batang Tuaka oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan.

"Bukan hanya di Batang Tuaka, hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Inhil memiliki potensi bagi perkembangan tanaman kedelai, dan dapat tumbuh subur," ujar Sekretaris Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Inhil, H RM Sudinoto, baru-baru ini.

Disebutkan, namun ada enam kecamatan yang memiliki potensi cukup besar bagi tanaman tersebut, yakni Kecamatan Enok, Keritang, Kemuning, Kempas, Tempuling dan Kecamatan Pulau Burung.

Kalau dikembangkan dengan baik, maka tanaman kedelai ini mampu meningkatkan perekonomian petani, di luar tanaman padi, jagung dan tanaman pangan lainnya.

Untuk diketahui, tanaman kedelai sangat mudah di budidayakan, namun tanaman ini tergolong sangat manja dan butuh perhatian yang sangat mendalam. Tanaman kedelai merupakan tanaman semusim yang dapat tumbuh baik pada berbagai jenis tanah di Indonesia dengan syarat drainase tanah cukup baik serta ketersediaan air cukup selama pertumbuhan tanaman mulai dari vegetatif sampai generatif tanaman.

Tanaman kedelai dapat tumbuh dengan baik pada jenis tanah alluvial, regosol, grumosol, latosol, atau andosol. Pertumbuhan tanaman kedelai kurang baik pada tanah pasir, dan pH tanah yang baik untuk pertumbuhan kedelai adalah 6-6,5.

"Dan kebutuhan pasar untuk kedelai di Inhil cukup besar. Seperti kebutuhan untuk pembuatan tahu dan tempe," sebutnya.***

(Akham Sophian)
Kategori : Pemerintahan, Inhil
wwwwww