Riau Masih Berasap, 111 Titik Panas Terpantau di Sumatera

Riau Masih Berasap, 111 Titik Panas Terpantau di Sumatera

ilustrasi

Sabtu, 03 Oktober 2015 11:29 WIB
.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Satelit Tera dan Aqua masih memantau 111 titik panas yang mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatera. Jumlah tersebut jauh menurun dari hari sebelumnya mencapai 693 titik. Wilayah Riau masih diselimuti kabut asap. "Titik panas terpantau pukul 05.00 pagi tadi," kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika stasiun Pekanbaru, Sugarin, Sabtu, 3 Oktober 2015.

Sugarin mengatakan, titik panas terbanyak masih terdapat di Sumatera Selatan mencapai 90 titik, disusul Lampung 14 titik dan Bangka Belitung tiga titik. Sedangkan Riau nihil titik panas.

Sugarin menjelaskan, secara umum cuaca wilayah Riau cerah berawan disertai kabut asap. Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang tidak merata terjadi di wilayah Riau bagian utara, barat dan tengah. "Temperatur maksimum 31.0-33.0 derjat calcius," ujarnya.

Kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan di Sumatera masih mengganggu kualitas udara di sejumlah wilayah Riau. Di Pekanbaru jarak pandang menurun hingga 100 meter, asap terlihat pekan lantaran bercampur embun.

Jarak pandang di Kabupaten Rengat 100 terpantau hanya meter, sementara di Kabupaten Pelalawan hanya 50 meter dan Dumai 800 meter.
(***)
Kategori : Lingkungan, Riau
Sumber:tempo.co
wwwwww