Home > Berita > Umum

Akibat Kabut Asap, Angka Kemiskinan pun Terus Meningkat

Akibat Kabut Asap, Angka Kemiskinan pun Terus Meningkat

Mantan Staf Khusus Presiden SBY Bidang Ekonomi, Firmanzah.

Minggu, 27 September 2015 17:46 WIB
.
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Mantan staf khusus Presiden SBY bidang ekonomi, Firmanzah mengatakan, salah satu penyebab meningkatnya kemiskinan di Indonesia adalah bencana asap di beberapa wilayah di tanah air. Dia meminta Presiden Joko Widodo fokus menyelesaikan masalah asap jika ingin meningkatkan kembali taraf ekonomi masyarakat. "Darurat kekeringan ditambah asap dan kebakaran hutan yang melanda daerah-daerah harus segera diselesaikan. Jika tidak, bisa dilihat nanti di semester berikutnya angka kemiskinan akan meningkat," ujar Firmanzah dalam diskusi 'Orang Miskin tambah Banyak' di Jakarta, Minggu (27/9).

Menurut Firmanzah, wilayah Sumatera dan Kalimantan adalah yang paling terlihat mengalami pelambatan ekonomi karena bencana asap tersebut. Sementara daerah lain, imbuhnya, bisa menyusul karena dampak kekeringan akibat el nino.

"Sumatera dan Kalimantan sudah melambat ekonomi akibat kondisi dalam negeri, ditambah bencana asap. Maka akan makin banyak jumlah orang miskin," kata Rektor Universitas Paramadina itu.

Pemerintah, lanjut Firmanzah, seharusnya melihat perpindahan masyarakat yang mulai merasakan dampak asap tersebut. Jika, terus ada perpindahan warga, ia khawatir ekonomi di wilayah-wilayah yang ditinggalkan akan terbengkalai.

"Kalau perusahaan kan masih bisa mencari cara lain untuk menghasilkan uang, kalau masyarakat miskin di wilayah asap, bagaimana mereka bertahan kalau kondisi ekonomi juga sulit. Mereka belum tentu punya tabungan. Ini yang harus diperhatikan pemerintah," tandas Firmanzah.

(***)
Kategori : Umum, Lingkungan
Sumber:jpnn.com
wwwwww