Awalnya Hanya Mengantar Makanan untuk Rekannya yang Bertugas, Eh..., Polwan Cantik Berpangkat Iptu Ini Justru Ketagihan Ikut Pemadaman Api

Awalnya Hanya Mengantar Makanan untuk Rekannya yang Bertugas, Eh..., Polwan Cantik Berpangkat Iptu Ini Justru Ketagihan Ikut Pemadaman Api

Inspektur Satu Polisi Akira Ceria

Kamis, 24 September 2015 04:11 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Bagi personel kepolisian, sudah terbiasa ditugaskan dalam situasi dan kondisi apapun, mau tidak mau mereka harus siap. Seperti yang dialami salah satu personel Polisi Wanita (Polwan) dari Polres Pelalawan, Provinsi Riau, tanpa ragu polwan berparas cantik dengan pangkat inspektur satu (iptu) ini, ikut terjun dan berjibaku dalam aksi pemadaman api kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Polwan dengan nama lengkap Iptu Akira Ceria, SIK, merupakan Anggota Satuan Lalu-lintas Polres Pelalawan. Gadis kelahiran Padang (13/8/1987) ini, bukan hanya bertugas di jalan raya, namun turut bergabung berjibaku di tengah kobaran api dan kepulan asap dengan Tim Pemadam Kebakaran Jarhutla yang rata-rata dikerjakan oleh petugas pria. Seperti dikutip potretnews.com dari GoRiau.com, Akira Ceria menjelaskan, dirinya mengaku siap menjalan tugas kapan pun dan di mana pun, termasuk ikut dalam menangani masalah kebakaran hutan dan lahan.

"Saya siap mas, apa pun panggilan tugas jika saya masih sehat dan dipercaya oleh atasan, apa pun tugasnya saya jalankan," tutur Akira, Rabu (24/9/2015).

Aksi pemadaman di Rantaubawah Baru, Pelalawan, Riau, menjadi bukti Akira Ceria dengan percaya diri mengarahkan selang air ke arah titik api.

"Awalnya saya nganterin minuman dan makanan bagi kawan-kawan personel yang sedang bertugas. Tapi saya penasaran ingin mencoba ikut pemadaman, eh saya malah ketagihan. Dan, saya pikir ini adalah kewajiban kami turut membantu dalam penanggulangan kabut asap yang sudah sangat meresahkan," cerita polwan jebolan Akpol tahun 2012 ini.

Cerita Iptu Akira Ceria juga amini oleh Kapolres Pelalawan AKBP Ade Johan Sinaga. "Dia sudah bertugas hampir satu tahun lebih di Polres Pelalawan. Selama bertugas memang tidak pernah neko-neko dan dikenal suka membantu rekan-rekan lainya, saat pemadaman api di lokasi kebetulan saya dengan pak bupati juga hadir," tukas kapolres.

Ade Johan Juga berharap agar personel lainya bisa meniru apa yang sudah dilakukan oleh Akira. "Kita perlu personel kepolisian yang tangguh, siap diterjunkan kapan saja, dan kalau bisa berbuat lebih dari yang sudah dilakukan oleh Iptu Akira Ceria ini," demikian Kapolres Pelalawan.***

(M Yamin Indra)
Kategori : Pelalawan, Lingkungan
Sumber:GoRiau.com
wwwwww