Home > Berita > Inhil

Pelajar di Inhil Sudah Patungan Beli Perlengkapan dan Siang-Malam Melakukan Persiapan, Eh.., Pawai Takbar Malah Ditiadakan

Pelajar di Inhil Sudah Patungan Beli Perlengkapan dan Siang-Malam Melakukan Persiapan, Eh.., Pawai Takbar Malah Ditiadakan

Ilustrasi.

Selasa, 22 September 2015 22:00 WIB
Usuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Salah satu yang dirasakan lain oleh masyarakat Kota Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, saat menyambut Idul Adha pada tahun ini, tidak dilaksanakannya kegiatan pawai takbir oleh pemerintah kabupaten. Padahal biasanya, kegiatan tersebut jadi hiburan tersendiri bagi masyarakat dengan membawa keluarganya untuk menyaksikan iven tersebut di ruas jalan yang dilintasi oleh para peserta. Akibat ditiadakannya kegiatan pawai takbir tersebut sudah barang tentu membuat sebagian besar masyarakat kecewa, terutama dari kalangan pelajar. Sebab mereka sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari, termasuk harus sumbangan dalam rangka memeriahkan hari raya tersebut. ”Tentu kecewa om, kita sudah mengalokasikan dana OSIS untuk mengikuti kegiatan ini. Bahkan kekurangannya kita patungan dengan para siswa, supaya kita bisa memang dalam pawai kali ini,” ujar salah seorang pengurus OSIS SMA Negeri 1 Tembilahan, Selasa (22/9/2015).

Menurut dia, sebagian besar dana yang dimiliki sudah kita belikan untuk keperluan mengikuti pawai. Bahkan rekan-rekan yang bersangkutan sudah mempersiapkan atribut pawai siang dan malam. “Saya sempat dimarahai orang tua, karena rumah berserakan setiap hari,” tambahnya.

Kekecewaan juga datang dari Risma salah seorang ibu rumah tanggan yang berdomisili di Jalan Telaga Biru. Selain belanja keperluan Lebaran Haji, salah satu alasan ia dan keluarganya pergi ke pasar adalah untuk menyaksikan pawai takbir.

“Kalau pawai takbir tidak dilaksanakan, rasanya kurang meriahlah Idul Adha kali ini. Meski disadari sekarang sedang terjadi kabut asap, tapi belum pada tahap yang membahayakan, sampai pelaksanaan pawai takbir ditiadakan,”ucapnya.

Sebelumnya Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabag Kesra) Setdakab, HM Arifin kepada wartawan termasuk potretnews.com, Senin (21/9/2015), mengatakan Pemkab Inhil tidak akan memfasilitasi pelaksanaan pawai takbir. Hal itu diputuskan setelah bekonsultasi dengan berbagai pihak dan mendengarkan saran dan masukan dari pihak terkait.

''Setelah mendengarkan masukan dari tokoh masyarakat, tokoh agama, dinas kesehatan, petunjuk serta arahan pak bupati, akhirnya dengan penuh penyesalan kami sampaikan bahwa tahun 1436 Hijriah ini, kita tidak melakukan pawai takbir,'' jelas Arifin.

Mantan Camat Tembilahan itu menuturkan, dengan tidak adanya pawai takbir ini bukan berarti pemkab tidak merayakan dan mengagungkan hari besar itu. Namun menurutnya, pawai takbir bukanlah satu-satunya cara untuk memeriahkan hari besar Islam tersebut.

''Masih banyak cara lain untuk kita membuktikan dan mewujudkan kegembiraan dalam menyambut hari besar Islam, ini semua kita lakukan demi kebaikan bersama juga,'' tambahnya.

Keputusan meniadakan pawai takbir, dikatakan Arifin disebabkan oleh cuaca yang masih berkabut, dan dinilai berbahaya bagi kesehatan.

''Kita tidak mau gara-gara masyarakat dan pelajar berbondong-bondong keluar mengikuti pawai akhirnya jadi sakit, karena terhirup udara yang tidak sehat, itu yang jadi pertimbangan kita'' tukasnya.

Oleh karena itu, ia meminta kepada pengurus mesjid, musala dan surau untuk bertakbir bersama di dalam tempat ibadah masing-masing.

''Kepada pengurus mesjid dan surau, cukup merayakan malam Idul Adha dengan bertakbir bersama jemaah dan masyarakat di rumah ibadah sekitar rumah masing-masing saja,'' demikian Arifin.***

(Mario Abdillah Khair)
Kategori : Inhil, Pemerintahan
wwwwww