Home > Berita > Inhil

Tidak Dialirkan PDAM, Warga Tembilahan Kesulitan Air untuk Buang Hajat dan Mandi

Tidak Dialirkan PDAM, Warga Tembilahan Kesulitan Air untuk Buang Hajat dan Mandi

Penampungan air PDAM Tirta Indragiri.

Senin, 21 September 2015 21:09 WIB
Usuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Masyarakat Kota Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, khususnya para pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Indragiri (TI) kecewa dengan PDAM yang masih kerap tidak mendustribusikan air kepada para pelanggan bahkan hingga tiga hari berturut-turut dalam satu pekan. Hal tersebut disampaikan salah seorang masyarakat yang beralamat di Gang Rindang Permaya, Jalan Batang Tuaka, Tembilahan, Iyan (25). "Satu hari saja tidak mengalir masyarakat sudah sangat kesulitan, karena air merupakan kebutuhan sehari-hari. Bayangkan saja jika sampai tiga hari dalam satu minggu air tak mengalir," ungkap Iyan, Senin (21/9/2015).

Kondisi ini menurutnya sudah terjadi cukup lama, namun hingga kini belum ada kejelasan dari PDAM. "Dah hampir satu bulan seperti ini bang, mau buang air aja kami kadang susah apa lagi buat mandi," ujarnya kecewa. Saking parahnya, meski disedot dengan mesin air yang disalurkan oleh PDAM yang berkantor di Jalan M Boya ini pun tidak mengalir.

"Disedot pakai mesin saja tidak keluar airnya bang, apa lagi tidak disedot. Bisa tidak mandi-mandi kami satu rumah. Tidak mungkin kan mandi pakai air galon," keluhnya.

Kondisi ini mendapat perhatian dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Indragiri Hilir. Untuk menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi selama ini, PDAM Tirta Indrahiri disarankan untuk diaudit sebelum dilakukan penanaman modal.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi II DPRD Inhil, Junaidi kepada awak media. Senin (21/9/2015) diselah-selah rapat paripurna Pengesahan RAPBD P Inhil 2015.

"PDAM itu lebih baik diaudit dahulu, baru kita bicarakan mengenai penanaman modal. Baik apa tidak jika dilakukan penanaman modal," Saran Junaidi yang diamini oleh Ketua Komisi III DPRD Iwan Taruna.

Junaidi mengatakan bahwa PDAM TI pernah jaya beberpa tahun yang lalu. Namun sayang, Junaidi lupa kapan saat kapan PDAM TI pernah jaya. "Saya lupa, auditnya saya tidak baca. Yang jelas PDAM pernah mengalami masa yang baik dan waktu itu tak mengalami kerugian" jawabnya sembari tertawa kecil.***

(Mario Abdillah Khair)
Kategori : Inhil, Pemerintahan
wwwwww