Home > Berita > Rohil

Kenang Masa ”Tempo Doeloe”, Perayaan Hari Jadi Rohil Tahun Ini Pertandingkan Permainan Tradisional

Kenang Masa ”Tempo Doeloe”, Perayaan Hari Jadi Rohil Tahun Ini Pertandingkan Permainan Tradisional

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Drs H Surya Arfan MSi.

Sabtu, 19 September 2015 05:58 WIB
Jaka Abdillah
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com – Sempena Hari Jadi ke-16 Kabupaten Rokan Hilir, yang digelar pada 4 Oktober mendatang, pemerintah daerah setempat bakal melaksanakan berbagai iven, salah satunya perlombaan permainan tradisional. Permainan ”tempo doeloe” yang bakal dipertandingan dalam rangka perayaan hari jadi kabupaten itu di antaranya galah panjang, kelereng dan patuk lele. Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Plt Sekda) Kabupaten Rokan Hilir Drs H Surya Arfan MSi baru-baru ini kepada potretnews.com mengatakan, ide untuk menggelar pertandingan permainan tradisional karena selama perayaan hari jadi Rohil belum pernah sekali pun dipertandingkan. Selama ini, kata dia, yang rutin dilaksanakan hanya lomba tarik tambang, lompat goni, dan panjat pinang.

”Kalau bisa, permainan yang lama dihidupkan kembali. Zaman saya kecil-kecil dulu, permainan tradisional itu sangat unik. Berbeda jauh kalau dibandingkan permainan zaman sekarang,” tutur Susya sembari mengatakan permaiann tradisional seperti galah panjang, patuk lelel, angau dan lain-lain, bisa menarik perhatian masyarakat.

Surya mencontohkan, di Kabupaten Bengkalis (Riau), kini aneka permainan tradisional kembali dihidupkan. ”Saya rasa permainan tradisonal itu bisa membuat badan kita sehat. Contoh saja, permainan galah panjang. Permainan itu dapat membuat tubuh kita berkeringat," demikian Surya Arfan. ***

(Mario A Khair)
Kategori : Rohil, Pemerintahan
wwwwww