Ajaib, Bumi Bernapas, Tanah Naik-Turun, Pertanda Apa?

Ajaib, Bumi Bernapas, Tanah Naik-Turun, Pertanda Apa?

Ilustrasi bumi memasuki fase kepunahan baru. (foto: bbc.co.uk)

Senin, 16 November 2015 05:13 WIB
OTTAWA, POTRETNEWS.com - Sebuah video yang direkam pria asal Kanada memperlihatkan keajaiban yang ditunjukkan oleh sebuah fenomena alam yang teramat langka. Dalam tayangan dalam video tersebut, bumi kita terlihat seakan-akan sedang bernapas. Video yang diambil Brian Nuttall di Apple River, Nova Scotia, Kanada, menggunakan kamera telepon selulernya menunjukkan tanah naik dan turun berirama seperti orang yang tengah bernapas. Video tersebut kemudian diunggah melalui akun Facebook miliknya.

Walhasil, tayangan rekaman video itu mengundang berbagai reaksi beragam dari para peselancar dunia maya. Seperti yang dilansir Metro.co.uk pada 12 November 2015, Brian memberi judul terhadap video tersebut, "Bumi Bernapas."

Menurut Brian, ketika memasuki wilayah pepohonan, dia melihat tanah bergerak. "Saya percaya pohon-pohon yang lebih besar bertahan dari terjangan angin dan pohon-pohon kecil di sekitarnya saling menguatkan," kata Brian dalam postingan-nya tersebut.

Direkam Brian pada Sabtu, 31 Oktober 2015, video itu telah dilihat lebih dari empat juta kali secara online dan postingan di akun Facebook-nya telah disukai lebih dari 13.500 orang dengan tambahan lebih dari seratus komentar.

Salah satu netizen--penghuni media sosial--menggambarkannya sebagai "menyeramkan dan menakutkan", sementara yang lain mengatakan video itu akibat rongga dalam lubang tanah. Ada juga yang mengatakan fenomena itu akibat aliran air dalam tanah.

Namun ada satu komentar yang tampaknya lebih diterima akal sehat, yakni menyebutkan akar pohon yang tidak terlalu terikat kuat pada tanah sehingga ketika ada angin maka pohon bergoyang sampai ke akar dan tanah tampak seperti tengah ”bernapas”. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Teknomotif
Sumber:Tempo.co
wwwwww