PotretNews.com Rabu 21 Februari 2018

Tak Disangka, Minyak Kelapa Ternyata Bisa Gantikan Solar

Tak Disangka, Minyak Kelapa Ternyata Bisa Gantikan Solar

Ilustrasi minyak kelapa. (shutterstock.com/mypokcik)

Rabu, 09 September 2015 07:15 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com -  Anda pernah tahu minyak kelapa murni? Minyak kelapa murni banyak digunakan saat memanggang atau menggoreng sebagai bumbu membuat beberapa makanan. Tidak hanya itu, minyak kelapa juga biasa digunakan untuk menghaluskan kulit atau perawatan kecantikan lainnya.iasanya para perempuan memakai minyak kelapa murni untuk melembutkan kulit kasar, menghapus make up, hingga untuk kecantikan rambut. Tidak hanya itu, minyak kelapa juga banyak dipercaya untuk meredakan gangguan pencernaan, menstabilkan gula darah, hingga meredakan sakit maag.

Banyaknya manfaat minyak kelapa tersebut, ternyata ada manfaat yang tak kalah menarik dibalik kandungan minyak kelapa. Ternyata, minyak kelapa bisa digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor. Ya, minyak kelapa dapat dimanfaatkan secara langsung menjadi bahan bakar, layaknya solar.

Minyak kelapa yang bisa digunakan untuk bahan bakar ini pastinya lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan solar yang banyak beredar saat ini.

Ads
Apa lagi, mobil yang menggunakan solar umumnya akan mengeluarkan asap yang lebih banyak dibandingkan mobil yang menggunakan premium. Solar juga didapat dari proses pengolahan minyak bumi, sehingga lambat lau tersedianya solar ini juga bisa menurun.

Secara bahan baku, di Indonesia sendiri banyak sekali perkebunan kelapa yang subur dan bisa dimanfaatkan untuk membuat bahan bakar. Tetapi, minyak kelapa ini tidak boleh langsung digunakan untuk bahan bakar. Ada banyak inovasi yang sampai saat ini terus dikembangkan oleh peneliti dan anak Indonesia sendiri.

Minyak kelapa memiliki kekentalan 50 hingga 60 centi stokes, sedangkan solar kekentalannya 5 centi stokes. Ada beberapa penelitian yang dilakukan, salah satunya dari Institut Pertanian Bogor yang memanfaatkan suhu knalpot untuk mengubah kekentalan minyak kelapa agar sama dengan solar.

Jika memang minyak kelapa ini bisa diolah dengan biaya murah di negara kita sendiri, harusnya dunia bisa mengirit pemakaian minyak bumi. Semoga di Indonesia juga segera dikembangkan ya!

loading...
(Mario A Khair)
Kategori : Teknomotif
Sumber:Merdeka.com
wwwwww