PotretNews.com Rabu 18 Oktober 2017

Rumah Tua Suku Melayu Masih Dijumpai di Kawasan Tanjungrhu Pekanbaru

Rumah Tua Suku Melayu Masih Dijumpai di Kawasan Tanjungrhu Pekanbaru

Rumah Tua, rumah asli Suku Melayu Riau.

Kamis, 05 Mei 2016 21:56 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Rumah Tua, merupakan rumah asli Suku Melayu Riau. Beberapa rumah tua ini dapat kita jumpai di sepanjang Jalan Tanjungbatu, Kelurahan Tanjungrhu, Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru.BACA JUGA:

. Menelusuri Jejak Kereta Api di Riau; Kisah Pilu Romusha Pekerja Rel yang Meninggal karena Kurang Makan, Penyakit dan Perlakuan Buruk
. Misteri Legenda Batu Bentuk Kepala Kerbau di Mesjid Jami’ Airtiris Kampar Riau
. Menyibak Sejarah dan Keunikan Suku Asli di Riau
. Cerita Rakyat dari Inhil Riau; Batu Belah Batu Betangkup
. Kronologi Sejarah Danau PLTA Koto Panjang, Kampar Riau
. Owh… Begini Rupanya Cerita Asal Muasal Minuman Khas Riau Laksamana Mengamuk

Arsitektur dasar rumah ini masih asli. Komponen pun masih mempertahankan gaya lama, seperti atap, pintu, dan jendela. Hanya di beberapa bagian rumah memang sudah ditambah belakangan.

Ads
Menurut Erna, warga keturunan asli di sana menjelaskan, Rabu (4/5/2016), dahulunya rumah ini dijadikan sebagai rumah singgah, tempat berkumpul, dan mengadakan pesta keluarga dari Siak.

"Rumah yang saya tempati ini dibangun pada tahun 1951. Yang membangunnya atuk (kakek) saya, namanya Pengulu Kindang", ujarnya.

Dia juga memaparkan, dahulunya di sekitar rumah ini juga ada bangunan yang difungsikan sebagai gudang beras dan penampungan karet. Namun kini sudah beralih fungsi menjadi rumah tinggal. *** #POTRETRIAU #Semua Berita Kota Pekanbaru Klik di Sini

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
Tribunpekanbaru.com

loading...
Kategori : Potret Riau
DPRD Siak HUT ke-18 Kabupaten Siak
wwwwww