PotretNews.com Minggu 22 Juli 2018

Bernostalgia Bepergian dengan "Bus Panjang" alias ”Bus King Kong”, Favorit Pelajar Kota Duri Zaman Dulu

Bernostalgia Bepergian dengan

"Bus Panjang" alias ”Bus King Kong” yang menjadi favorit di Kota Duri pada era 80-an.

Sabtu, 05 Desember 2015 02:59 WIB
DURI, POTRETNEWS.com - "Bus Panjang" atau ”Bus King Kong”, inilah sebutan untuk bus sekolah yang mengangkut pelajar Kota Duri, Kabupaten Bengkalis, Riau, pada dekade 80-an dan awal 90an terutama yang bersekolah di daerah Sebanga.Awalnya rute bus ini lewati Jl Sudirman (pasar), kemudian diubah melewati Jl Desa Harapan hingga Jl Hang Tuah, terakhir hanya bisa naik dari halte di Pokok Jengkol.

Bangku favorit penumpang adalah di bagian depan gerbong yang lebih tinggi dari bagian lain. Posisi ini mempunyai bangku menghadap ke depan dengan jendela yang lebih besar sehingga lebih sejuk. Berbeda dengan bangku tengah dan belakang, bangkunya berhadap-hadapan dengan jendelanya lebih kecil.

Hal unik dari bus ini adalah rodanya yang dipasang jaring rantai jika musim hujan karena sebagian besar jalan waktu itu dilapisi minyak mentah. Sehingga ada warga yang mengatakan "ada kereta api lewat !" karena bisingnya bunyi rantai.

Ads
Awak bus ini sempat ada ”stoker”-nya (kernet). Kemudian diganti dengan tombol dengan pintu yang otomatis buka-tutup. Beberapa supir yang masih dikenang member grup adalah Pak Turnip. Selain itu juga ada Pak Munir (alm) yang tinggal di Jl Alhamra, Duri Timur.

Sekarang gerbong bus ini teronggok di Lay Down depan Fab Shop Area CPI 125. ***

Sumber:
https://www.infoduri.com/

loading...
(M Yamin Indra)
Kategori : Potret Riau
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww