Sudah 8 Periode Menjabat Anggota DPRD, Politisi Golkar Sumut Wagirin Arman Kembali Terpilih Jadi Anggota Dewan

Sudah 8 Periode Menjabat Anggota DPRD, Politisi Golkar Sumut Wagirin Arman Kembali Terpilih Jadi Anggota Dewan

Wagirin Arman.

Jum'at, 15 Maret 2024 20:14 WIB
MEDAN, POTRETNEWS.com — Sosok Wagirin Arman bisa dibilang merupakan sesepuh Partai Golkar di Kabupaten Deliserdang. Bagaimana tidak, ayah dari lima orang anak ini bisa kembali lolos menjadi Anggota DPRD Sumatra Utara (Sumut) pada Pemilu 2024. Padahal diketahui, Wagirin Arman sudah 8 periode di DPRD Sumut. Dengan terpilihnya lagi Wagirin Arman, maka ini merupakan periode ke 9 suami dari Hj Nurhayati tersebut. Pada Pemilu 2024 ini, Wagirin Arman meraih 19.048 suara. Hasil perolehan suaranya jauh di bawah Mikail T Parlindungan Purba, yang mendapatkan suara 51.650. Namun begitu, keduanya sama-sama lolos ke DPRD Sumut.

Wagirin Arman lahir pada 9 Maret 1949 di Klambir Lima Kebon, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang. Ia tercatat pernah menjabat sebagai Sekretaris Kepala Desa Klambir Lima Kebun pada tahun 1968-1978. Sebelum memulai karirnya di dunia politik, Wagirin Arman pernah juga bekerja di PTPN IX/II BUMN dari tahun 1975 hingga 2004.

Setelah bergabung dengan Golkar, Wagirin Arman pernah diamanahkan menjadi Sekertaris DPD II Partai Golkar Deliserdang dari tahun 1988 hingga 1993. Anak sulung dari pasangan almarhum Kardji dan almarhumah Kasinem ini juga pernah menjadi Ketua DPRD Deliserdang dari tahun 2004 hingga 2009. Bahkan, ia saat ini diketahui masih menjabat sebagai Ketua MKGR.

Meski sudah berusia lanjut, nyatanya Wagirin Arman masih sehat. Tahun 2022 silam, saat diwawancarai Tribun-medan.com, Wagirin Arman sempat membagikan tips rahasia tetap bugar dan panjang umut.

"Kalian kalau mau sehat, sering minum air hangat. Saya tidak minum es, enggak bagus es itu. Umur saya itu sekarang 74 tahun, saya sebaya sama almarhum Amri Tambunan (mantan Bupati Deliserdang)," kata Wagirin Arman, saat melakukan kunjungan ke Kantor Bupati Deliserdang, Rabu (22/6/2022) silam.

Wagirin Arman menyebut, ia sampai detik ini masih tetap bisa menyantap daging kambing. Meski banyak orang yang seusianya menjauhi makanan tersebut, tapi Wagirin Arman mengaku masih bisa menikmatinya dengan porsi yang tidak terlalu banyak.

Diketahui, Wagirin Arman termasuk sesepuh Golkar Sumut. Ia sudah lama menjadi bagian dari partai berlambang pohon beringin itu. Jabatan anggota dewan sendiri sudah diembannya selama 8 periode. Selain menjadi anggota DPRD Sumut, ia juga sudah pernah menjadi Anggota DPRD Deliserdang.

Pimpinan Dewan juga sudah beberapa kali ia pegang. Ia sempat memberi jawaban ketika ditanya apakah masih punya rencana untuk maju lagi di Pemilu Legislatif nantinya. ”Saya cuma mau bilang angka terakhir itu sembilan. Ya sekarang memang betul sudah 8 kali (periode dewan)," kata Wagirin dilansir dari tribunnews.com.

Saat Wagirin berdiskusi dengan wartawan, rekannya sesama dewan, Ruben Tarigan yang juga politisi PDIP juga ada saat itu. Wagirin pun menegaskan selama ini semua makanan masih bisa ia makan. ”Yang enggak saya makan cuma yang dimakan Ruben," canda Wargirin.

Di hadapan Ruben dan para wartawan, Wagirin menyebut saat ini dirinya sudah memiliki 14 orang cucu dari 5 orang anaknya. Insyaallah beberapa bulan lagi dirinya menyebut akan mempunyai cicit, karena disebut cucunya juga sudah berumah tangga.

Wagirin dan Ruben pun sempat sedikit membagikan cerita nostalgia ketika mereka masih menjadi Pimpinan di DPRD Deliserdang. ”Kami di dalam (sidang) berantam tapi di luar ya berteman," kata Ruben.

Sampai saat ini keduanya ini tercatat masih sebagai warga Deliserdang. Ruben Tarigan tercatat sebagai warga Percut Seituan sementara Wagirin Arman sebagai warga Hamparan Perak.
Wagirin menyebut saking cintanya dengan Deliserdang ia pun memakai baju batik merah maron bertuliskan Deliserdang. ”Ini baju batik yang saya pakai pemberian almarhum Pak Amri Tambunan ini dulu," pungkas Wagirin.***

Editor:
Abdul Roni

Kategori : Politik
wwwwww